ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui terjadinya peningkatan
wawasan, kemampuan konselor dalam merencanakan pelayanan dasar bimbingan dan
konseling dengan pendekatan diskusi interaktif. (2) Mengungkap partisipasi
konselor dalam diskusi interaktif. Penelitian ini menganut model penelitian
tindakan dengan empat tahapan. Dimulai dari tahap perencanaan, pengumpulan
data, dan dengan 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,
obsevasi dan studi documenter. Analisis data dimulai sejak penelitian dimulai
ketika diadakan persetujuan mengikuti diskusi interaktif. Kegiatan refleksi
dengan membayangkan kembali peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Melibatkan
semua peserta dan membandingkan hasil pre-tes dengan satuan pelayanan dasar
konseling, dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan guru pembimbing mengingkat dalam merencanakan satuan pelayanan
dasar konseling dengan materi yang menarik, menantang dan up todate serta
Menggunakan metoda yang disesuaikan dengan karakteristik konseli meliputi
proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam kegiatan diskusi interaktif
telah berperan secara aktif dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam batas
waktu yang sudah ditetapkan.
Daftar Pustaka
Abdurrahman.
Dh. 1985. Diskusi Sebagai Alat Untuk Memecahkan Masalah, Jakarta, PT Karya
Nusantara
Achmad
Juntika Nurihsan, 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam berbagai latar Kehidupan.
Jakarta; PT Refika Aditama.
Arni Muhammad,
2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta, Bumi Akasara
H.M. Taylor dan A.G. Mear, 1984.
Rapat Konferensi Diskusi dan mendirikan
Organisasi. Pentejemah Anas
Siddik. Jakarta, Balai Aksara
Depdiknas,
2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2007. Panduan Penyususnan Perangkat Portofolio Sartifikasi Guru Dalam Jabatan.
Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2008. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur
Pendidikan Formal. Jakarta Dirjen PMPTK
Depdiknas,
2008. Bahan/Materi Bimbingan Teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendididikan SMA.
Jakarta; Depdiknas.
Goldberg,
Alvin.A, 1985. Komunikasi Kelompok Diskusi dan Penerapannya. Penterjemah
Koesdarinisoemiati, Gary R Jusuf. Jakarta, UI Press.
Masril,
1993. Teras Kuliah Belajar Mengajar, Padang. Angkasa Raya.
Mungin
Eddy Wibowo,.2003. Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling, Materi
Pelatihan Guru Pembimbing. Jakarta, Dirjen Dikdasmen.
Prayitno, 1995.
Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan
Bimbingan dan Konseling Kelompok
(Dasar dan Profil). Jakarta Ghalia Indonesia
Prayitno,
2002. Hubungan Pendidikan . Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan
Dasar dan Menengah. Direkrorat SLTP.
Prayitno,
2003. Wawasan dan Landasan BK Buku 1 Materi Pelatihan Kompetensi Guru
Pembimbing, Jakarta, Dirjen
Dikdasmen.
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
KDFir | Online casino - KADangpintar
BalasHapusKDFir is a unique casino 샌즈카지노 for online หาเงินออนไลน์ casino 온카지노 players in Indonesia. The gaming experience from the KDFir casino is completely unique.