HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 29 Januari 2017

PTS 014 : Pendekatan Diskusi Interaktif Dalam Peningkatan Pelayanan Dasar Bimbingan dan Konseling Pada SMA dan SMK xxx

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui terjadinya peningkatan wawasan, kemampuan konselor dalam merencanakan pelayanan dasar bimbingan dan konseling dengan pendekatan diskusi interaktif. (2) Mengungkap partisipasi konselor dalam diskusi interaktif. Penelitian ini menganut model penelitian tindakan dengan empat tahapan. Dimulai dari tahap perencanaan, pengumpulan data, dan dengan 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, obsevasi dan studi documenter. Analisis data dimulai sejak penelitian dimulai ketika diadakan persetujuan mengikuti diskusi interaktif. Kegiatan refleksi dengan membayangkan kembali peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Melibatkan semua peserta dan membandingkan hasil pre-tes dengan satuan pelayanan dasar konseling, dilanjutkan dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pembimbing mengingkat dalam merencanakan satuan pelayanan dasar konseling dengan materi yang menarik, menantang dan up todate serta Menggunakan metoda yang disesuaikan dengan karakteristik konseli meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dalam kegiatan diskusi interaktif telah berperan secara aktif dan menyelesaikan tugas secara mandiri dalam batas waktu yang sudah ditetapkan. 


Daftar Pustaka

Abdurrahman. Dh. 1985. Diskusi Sebagai Alat Untuk Memecahkan Masalah, Jakarta, PT Karya Nusantara
Achmad Juntika Nurihsan, 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam berbagai latar Kehidupan. Jakarta; PT Refika Aditama.
Arni Muhammad, 2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta, Bumi Akasara
H.M. Taylor dan A.G. Mear, 1984. Rapat Konferensi Diskusi dan mendirikan        Organisasi. Pentejemah  Anas Siddik. Jakarta, Balai  Aksara
Depdiknas, 2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas, 2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas, 2007. Panduan Penyususnan Perangkat Portofolio Sartifikasi Guru Dalam Jabatan. Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas, 2008. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta Dirjen PMPTK
Depdiknas, 2008. Bahan/Materi Bimbingan Teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendididikan SMA. Jakarta; Depdiknas.
Goldberg, Alvin.A, 1985. Komunikasi Kelompok Diskusi dan Penerapannya. Penterjemah Koesdarinisoemiati, Gary R Jusuf. Jakarta, UI Press.
Masril, 1993. Teras Kuliah Belajar Mengajar, Padang. Angkasa Raya.
            Mungin Eddy Wibowo,.2003. Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling, Materi Pelatihan Guru Pembimbing.  Jakarta,  Dirjen Dikdasmen.
Prayitno, 1995. Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan
Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta Ghalia Indonesia
Prayitno, 2002. Hubungan Pendidikan . Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direkrorat SLTP.
Prayitno, 2003. Wawasan dan Landasan BK Buku 1 Materi Pelatihan Kompetensi Guru Pembimbing, Jakarta,  Dirjen Dikdasmen. 

      

Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147





1 komentar:

  1. Thanks ya, sangat membantu dalam mencari referensi skripsi dan thesis yang sedang saya kerjakan. Kunjungi juga ya CARA DOUNLOWD JOURNAL PENELITIAN GRATISSS  

    BalasHapus