ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa
dalam proses pembe-lajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa
kelas XI Akuntansi SMK XXX tahun 2011 melalui penerapan strategi pembelajaran Talking Stick. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum
diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya,
antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, ceramah bervariasi, dan
penugasan. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu
meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini
adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick.
Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa
kelas XI
Akuntansi SMK XXX yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas
pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan
wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan
strategi pembelajaran Talking Stick keaktifan siswa dalam
proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMKXXX Tahun 2011 dapat
meningkat minimal 75% dari 27 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada
materi budaya politik di Indonesia di kelas XI Akuntansi SMK XXX
Tahun 2011 yaitu sebelum di adakan
penelitian tindakan kelas adalah 9 siswa (33,3%). Setelah dilakukan tindakan
yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain
jawaban, siklus I meningkat menjadi 16 siswa (66,6%) dan siklus II meningkat
menjadi 23 siswa (85,1%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut
maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga
dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Talking Stick mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran
PKn Materi budaya politik di Indonesia pada Kelas XI Akuntansi SMK XXX Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Kata
Kunci:strategi pembelajaran, talking
stick, keaktifan siswa, budaya politik di indonesia
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Aries S, Erna
Febru. 2009. Indikator Keaktifan Siswa
yang dapat dijadikan penilaiandalam PTK.
http://ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/.
(Diakses kamis, 8 september 2011 jam 10.45).
Bakry, Noor Ms. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Diedrich. 2010. Macam
Macam Keaktifan. http://panduan-skripsi.blogspot.com/2010/11/pengertian-macam-keaktifan-visual-lisan.html.
(diakses 10 April 2011 pukul 17:30)
Herdian.2009. Model
pembelajaran Talking stick. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29/model-pembelajaran-talking-stick-suintak/
(Diakses 10 agustus 2011 pukul 14.30)
Isjoni. 2007. Cooperetive Learning (Efektifitas
Pembelajaran kelompok). Alfabeta:
Bandung.
Juwariyah. 2011.
“Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui
Pembelajaran Talking stick pada Siswa
Kelas IV SD Negeri 01 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Kurniawati,
Rista. 2011. “Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan
Strategi Pembelajaran Talking Stick (
PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun
Ajaran 2010/2011)”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Miles, Mathew B.
dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data
Kualitatif (Buku Sumber tentang
Metode-Metode Baru). Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J.
2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ramadan, Tarmizi. 2010. Metode pembelajaran talking stick.(http://tarmizi.word
press.com/2010/02/ 15/talking-stick/. (Diakses Jum’at 9 september 2011 jam 15.00)
Ronaldorozalino.blogspot.com. (Diakses Selasa, 12 April 2011 jam 17.15 WIB).
Purwandari,
Retno. 2010. Pengertian dinamika. (http://yuliaputri.blogspot.com/ 2010/10/
pengertian-dinamika.html. (Diakses Selasa, 12 April 2011 jam
16.45 WIB).
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep
Makna Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Samijo
dan Samidi.2008. Kewarganegaraan Untuk
Kelas SMK Kelas X. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Slavin,
E Robert. 2008. Cooperative Learning (
Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Suharsimi, Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarsono,
S dkk. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pustaka Utama.
Taniredja,
Tukiran dkk, 2011. Model-Model
Pembelajaran Inovativ. Bandung: Alfabeta
Tim
Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran (Menciptakan
Proses Belajar Mengajar yang Kreatif
dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. User
dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya
Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://y0645.wordpress.com/2009/07/26/pengertian-budaya-politik/. Diakses Jumat, 9
September 2011 jam 14.15 WIB)
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar