HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 06 Juli 2016

PTK SMA 111 = Pd 1043 : Penerapan Strategi Pembelajaran Talking Stick Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Budaya Politik Di Indonesia Kelas XI SMK xxx Tahun Pelajaran 2011/2012



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembe-lajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMK XXX tahun 2011  melalui penerapan strategi pembelajaran  Talking Stick. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, ceramah bervariasi, dan penugasan. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran Talking Stick. Subjek  pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK XXX yang berjumlah 27 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran  Talking Stick keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi budaya politik di Indonesia pada siswa kelas XI Akuntansi SMKXXX Tahun 2011 dapat meningkat minimal 75% dari 27 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi budaya politik di Indonesia di kelas XI Akuntansi SMK XXX Tahun 2011 yaitu sebelum di adakan penelitian tindakan kelas adalah 9 siswa (33,3%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran bermain jawaban, siklus I meningkat menjadi 16 siswa (66,6%) dan siklus II meningkat menjadi 23 siswa (85,1%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga  dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Talking Stick mampu Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi budaya politik di Indonesia pada Kelas XI Akuntansi SMK XXX Tahun 2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Kata Kunci:strategi pembelajaran, talking stick, keaktifan siswa, budaya politik di indonesia





DAFTAR PUSTAKA

 Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aries S, Erna Febru. 2009. Indikator Keaktifan Siswa yang dapat dijadikan penilaiandalam PTK. http://ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaian-dalam-ptk-2/. (Diakses kamis, 8 september 2011 jam 10.45).
Bakry, Noor Ms. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.        
Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Diedrich. 2010. Macam Macam Keaktifan. http://panduan-skripsi.blogspot.com/2010/11/pengertian-macam-keaktifan-visual-lisan.html. (diakses 10 April 2011 pukul  17:30)
Herdian.2009. Model pembelajaran Talking stick. http://herdy07.wordpress.com/2009/04/29/model-pembelajaran-talking-stick-suintak/ (Diakses 10 agustus 2011 pukul 14.30)
Isjoni. 2007. Cooperetive Learning (Efektifitas Pembelajaran kelompok).  Alfabeta: Bandung.
Juwariyah. 2011. “Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Talking stick pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011.
Kurniawati, Rista. 2011. “Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Talking Stick ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Miles, Mathew B. dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku   Sumber tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Ramadan, Tarmizi. 2010. Metode pembelajaran talking stick.(http://tarmizi.word press.com/2010/02/ 15/talking-stick/. (Diakses  Jum’at 9 september 2011 jam 15.00)
Ronaldorozalino.blogspot.com.  (Diakses Selasa, 12 April 2011 jam 17.15 WIB).
Purwandari, Retno. 2010. Pengertian dinamika. (http://yuliaputri.blogspot.com/ 2010/10/ pengertian-dinamika.html. (Diakses Selasa, 12 April 2011 jam 16.45 WIB).
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep Makna Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Samijo dan Samidi.2008. Kewarganegaraan Untuk Kelas SMK Kelas X. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Slavin, E Robert. 2008. Cooperative Learning ( Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Suharsimi, Arikunto dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarsono, S dkk. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pustaka Utama.
Taniredja, Tukiran dkk, 2011. Model-Model Pembelajaran Inovativ. Bandung: Alfabeta
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar    Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Moh. User dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://y0645.wordpress.com/2009/07/26/pengertian-budaya-politik/. Diakses Jumat, 9 September 2011 jam 14.15 WIB)



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar