HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 12 Juni 2016

SKRIPSI PERAWAT PW004 : Pengaruh Penggunaan Media Bantu VCD dan Modul terhadap Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Asuhan Keperawatan pada Ibu Postpartum di Bangsal Anggrek 2 RSUP. Dr. Sardjito



INTISARI

Latar Belakang : Periode postpartum merupakan masa yang penting untuk megadopsi peran ibu dan rentan terhadap kematian. Delapan puluh persen kematian maternal merupakan akibat kenaikan komplikasi selama kehamilan, persalinan dan setelah melahirkan. Mengingat pentingnya adaptasi pada masa ini maka perawat diharapkan bisa menyediakan pelayanan keperawatan dengan memberikan pengetahuan tentang perawatan ibu dan bayi kepada ibu postpartum. Salah satu media yang memberikan berbagai kelebihan adalah VCD dan Modul. Media bantu VCD dan Modul ini diharapan dapat menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum.
Tujuan : Untuk memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan perawat/ bidan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum sebelum dan setelah mendapat pelatihan dengan menggunakan media bantu VCD dan modul.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental dengan desain one group pre test post test design. Sampel penelitian terdiri dari 11 orang perawat/bidan di bangsal Anggrek 2 RSUP Dr. Sardjito. Sampel dipilih dengan metode total sampling. Pre test dilakukan sebelum pemutaran VCD dan pembagian Modul, kemudian post test dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan dilakukan setelah pelatihan. Setelah dilakukan pengisian kuesioner tingkat pengetahuan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum selanjutnya dilakukan cross check dengan melakukan wawancara responden. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan metode persentase dan paired- simple t-test, dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil : Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan, akan tetapi hasilnya tidak bermakna. Pada topik masalah menyusui, afterpain, perineum, perkemihan, eliminasi fekal, hemoroid dan pengetahuan perawatan di rumah terdapat peningkatan skor tingkat pengetahuan, sedangkan pada topik masalah nyeri punggung, kelelahan dan psikologis terdapat penurunan skor tingkat pengtahuan. Hasil skor tingkat pengetahuan perawat/ bidan sebelum diberikan pelatihan sudah baik sekali dan tetap sangat baik setelah diberikan pelatihan asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan media bantu VCD dan modul.
Kesimpulan : Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan, akan tetapi hasinya tidak bermakna.
Kata kunci: Postpartum, VCD, modul, pengetahuan, asuhan keperawatan, media bantu





DAFTAR PUSTAKA

Ali, M, 2008, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Medan Elektromagnetik di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY, diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL http://www.elektro.uny.ac.id/muhal
Ambarwati, W. N., 2006, Pendidikan Kesehatan Mengatasi Keluhan Hamil pada Ibu-Ibu Hamil di Asrama Group II Kopasus Kartasura, WARTA, Vol 9,no 2: 107-122.
Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Yogyakarta.
Bappenas, 2007, Meningkatkan Kesehatan Ibu : Laporan Perkembangan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium Indonesia, diakses 16 Juli 2007 website URL
http://www.bappenas.go.id/index.php?module=Filemanager&func=downl oad&pathext=ContentExpress/&view=8/IndonesiaMDG_BI_Goal5.pdf
Bobak, I., Deitre Margaret, Shannon., 2004, Maternity Nursing, Mosby Year Book, St Louis.
Chatarina, 2007 Peningkatan Kemampuan Apresiasi Dongeng dalam Pembelajaran Sastra melalui Media VCD di SMP Negeri 2 Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta, diakses tanggal 1 Meret 2008, Website URL http://lpmpjogja.diknas.go.id
Depdiknas, 2003, Belajar Mengajar Sistem Modul, diakses 16 Juli 2007, Website URL http://www.geocities.com/guruvalah/modul_untuk_smk.pdf
Depkes, 1998, Perbandingan AKI dengan Negara Lain, diakses 15 Juli 2007, website URL
http://bankdata.depkes.go.id/Profil/Indo98/Contens/bab6a.htm
Dewobroto, W., 2005, Strategi Pembelajaran Era Digital Usulan Skenario dan Menyambut Transformasi UPH sebagai Kampus Digital, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no 056, 711-733.
Djamarah, Syaiful Bari dan Zain Aswan, 1997, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Hartono, A., 1996, Prinsip-Prinsip Keperawatan, Andi, Yogyakarta.
Harun, J., Multimedia dalam Pendidikan, diakeses 15 Juli 2007, Website URL
http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf
Hidayat, A. A. A., 2004, Pengantar Konsep Dasar Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.
Inayati, R., 2004, Evektifitas Media VCD dan Folder Program Harm Reduction pada Kelompok Injection Drug User (Aspek Risk Human Immuno Deficiency Virus), Tesis, Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Jakir, A.R., 2006, Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Tenaga Kesehatan Penolong Persalinan oleh Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Borong Kompleks Kab. Sinjai Tahun 2006, diakses 28 Juli 2007, Website  URL http://ridwanamiruddin.wordpress.com/2007/05/05/pemilihantenaga- penolong-persalinan-di-borong-sinjai
Lismidar,H., 1990, Proses Keperawatan, Penerbit Univesitas Indonesia, Jakarta.
Metekohy, F. A., 2004, Pengaruh Media Ceramah, Leaflet dan VCD dalam Pencegahan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKI) di Kab. Maluku Tengah, Tesis, Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Mochtar, R., 1998, Sinopsis Obstetri Fisiologi, Obstetri Patologi, EGC, Jakarta.
Mujiyanto, 2008, Penggunaan Media Pendidikan pada Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah, diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas makalah/matematika/penggunaan-media-pendidikan-pada-pengajaran
Notoatmodjo, S., 1997, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta.
Nurhasanah, 2008, Teori Belajar Behavioristik, diakses tanggal 1 April 2008, http://www.uny.ac.id/akademik/sharefile/files/222.124.209.201_22042007 102130_atik_pgsd.doc
Permata, S.P., 2002, Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Kesehatan Maternal, dan Pendapatan dengan Efektivitas Gerakan Sayang Ibu (GSI) dalam Meningkatkan Cakupan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan, Jurnal Penelitian UNIB, Vol. VIII, No 2, Juli 2002, Halaman 100-104.
Pranata, Yosafat Adi, 2006, Visualisasi Pembelajaran Tekuk pada Kolom dengan Bantuan Software Berbasis Perhitungan Numerik, diakses tanggal 1 April Website URL www.geocities.com/ajipranata/yap_lkbali2006_2.pdf , vizu\liz\zi
Purwantiningsih, S., 2006, Evaluasi Pelaksanaan Perawatan Luka Jahitan Perineum pada Ibu Post Partum di Unit Kebidanan, Jurnal Ilmu Keperawatan, Mei, 98-102.
Riyana, Cepi, 2008, Peranan Teknologi dalam Pembelajaran, diakses tanggal 1 April 2008, Website URL http://www.cepiriyana.blogspot.com
Roeshadi, R. H., Upaya Menurunkan Angka Kesakitan dan Angka Kematian Ibu pada Penderita Preeklampsia dan Eklampsia, USU Online 2006, diakses 15 Juli 2007. Website URL http://library.usu.ac.id/download/ebook/ Haryono.pdf
Saifuddin, A.B., 2004, Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Universitas Indonesia, Jakarta.
Saroso, Siswo, 2008, Upaya Pengembangan Pendidikan melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia, diakses tanggal 1 April 2008,Website URL media.diknas.go.id/media/document/5650.pdf
Shane, B., Alih bahasa Gulardi Wiknjosastro, Mencegah Perdarahan Pasca Persalinan: Menangani Persalinan Kala Tiga, Out Look Juni 2002 (Online), diakses 16 Juli 2007, Website URL http://www.path.org/files/Indonesian_19-3.pdf
Sriyono, 2001, Pendidikan Kesehatan melalui Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah Menggunakan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Kader Posyandu dalam Menemukan Tersangka Tuberculosis Paru. Thesis, Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Sudrajad, Media Pembelajaran, diakses tanggal 1 April 2008, Website URL http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/media-pembelajaran/
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research and Development, Alfabeta, Bandung.
Suleiman, A.H., 1988, Media Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, PT Gramedia, Jakarta.
Suparno, A.S., 2001, Membangun Kompetensi Belajar, Direktorat Jendral Pendidikan Nasional, Jakarta.
Suryani, Nunuk, 2008, Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia VCD terhadap Pencapaian Kompetansi Belajar Sejarah (Studi Eksperimental di SMA Negeri 1 Karanganyar dan SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2006/2007), diakses tanggal 1 April 2008 Website URL pasca.uns.ac.id/download/PPPKBermediaVCD_HjNunuk.pdf
Sutopo, A.H., 2003, Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Syah, Muhibbin, 2006, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Triana, W., 2002, Pendidikan Kesehatan melalui Metode Ceramah dan Modul dibandingkan Metode Ceramah tanpa Modul untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Wanita dalam Menghadapi Menopause di Kota Yogyakarta, Tesis, Program Pasacasarjana UGM, Yogyakarta.
Universitas Indonesia, 7 April 2005, Make Every Mother and Child Count, Universitas Indonesia (Online), diakses 15 Juli 2007
WHO, 1992, Pendidikan Kesehatan (diterjemahkan oleh Ida Bagus Tjitarsa), Penerbit ITB dan Udayana, Bandung
WHO, 2005, Make Every Mother and Child Count, diakses 28 Juli 2007, Website URL http://www.who.int/whr/2005/whr2005_en.pdf
WHO, 2006, WHO. Recommendation for the Prevention of Postpartum Haemorrahage, diakses 28 Juli 2007, Website URL http://whqlibdoc.who.int/hq/2007/WHO_MPS_07.05_eng.pdf
Wursanto, 2002, Pengembangan desain materi pelatihan SDM untuk menghasilkan kompetensi karyawan, diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL www.damandiri.or.id/file/aitiyawahyupermanaunairbab6.pdf -
Yulianto, W.A., Refleksi Wafatnya R.A. Kartini bagi Para Suami, Kompas edisi Senin, 19 April 2004. Diakses 15 Juli 2007, Website URL http://kompas.com/kompas-cetak/0404/19/swara/969638.htm



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar