INTISARI
Latar
Belakang : Periode postpartum merupakan masa yang
penting untuk megadopsi peran ibu dan rentan terhadap kematian. Delapan puluh
persen kematian maternal merupakan akibat kenaikan komplikasi selama kehamilan,
persalinan dan setelah melahirkan. Mengingat pentingnya adaptasi pada masa ini maka
perawat diharapkan bisa menyediakan pelayanan keperawatan dengan memberikan
pengetahuan tentang perawatan ibu dan bayi kepada ibu postpartum. Salah satu
media yang memberikan berbagai kelebihan adalah VCD dan Modul. Media bantu VCD
dan Modul ini diharapan dapat menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan
pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum.
Tujuan
: Untuk memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan perawat/
bidan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum sebelum dan setelah
mendapat pelatihan dengan menggunakan media bantu VCD dan modul.
Metode
: Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental dengan desain
one group
pre test post test design. Sampel penelitian terdiri dari 11
orang perawat/bidan di bangsal Anggrek 2 RSUP Dr. Sardjito. Sampel dipilih
dengan metode total sampling.
Pre test dilakukan sebelum pemutaran VCD dan pembagian
Modul, kemudian post
test dilakukan untuk mengukur tingkat pengetahuan
dilakukan setelah pelatihan. Setelah dilakukan pengisian kuesioner tingkat
pengetahuan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum selanjutnya dilakukan
cross
check dengan melakukan wawancara responden.
Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan
metode persentase dan paired-
simple t-test, dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk
tabel distribusi frekuensi.
Hasil
: Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum
dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan,
akan tetapi hasilnya tidak bermakna. Pada topik masalah menyusui, afterpain,
perineum, perkemihan, eliminasi fekal, hemoroid dan pengetahuan perawatan di
rumah terdapat peningkatan skor tingkat pengetahuan, sedangkan pada topik
masalah nyeri punggung, kelelahan dan psikologis terdapat penurunan skor
tingkat pengtahuan. Hasil skor tingkat pengetahuan perawat/ bidan sebelum diberikan
pelatihan sudah baik sekali dan tetap sangat baik setelah diberikan pelatihan
asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan media bantu VCD dan modul.
Kesimpulan
: Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum
dengan menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor pengetahuan,
akan tetapi hasinya tidak bermakna.
Kata
kunci: Postpartum, VCD, modul, pengetahuan,
asuhan keperawatan, media bantu
DAFTAR PUSTAKA
Ali, M, 2008,
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Memfasilitasi Belajar
Mandiri pada Mata Kuliah Medan Elektromagnetik di Jurusan Pendidikan Teknik
Elektro FT UNY, diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL http://www.elektro.uny.ac.id/muhal
Ambarwati, W. N.,
2006, Pendidikan Kesehatan Mengatasi Keluhan Hamil pada Ibu-Ibu Hamil di Asrama
Group II Kopasus Kartasura, WARTA,
Vol 9,no 2: 107-122.
Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Yogyakarta.
Bappenas, 2007, Meningkatkan Kesehatan
Ibu : Laporan Perkembangan Pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium Indonesia,
diakses 16 Juli 2007 website URL
http://www.bappenas.go.id/index.php?module=Filemanager&func=downl
oad&pathext=ContentExpress/&view=8/IndonesiaMDG_BI_Goal5.pdf
Bobak, I., Deitre
Margaret, Shannon., 2004, Maternity
Nursing, Mosby Year Book, St Louis.
Chatarina, 2007
Peningkatan Kemampuan Apresiasi Dongeng dalam Pembelajaran Sastra melalui Media
VCD di SMP Negeri 2 Cangkringan Kabupaten Sleman Yogyakarta, diakses tanggal 1
Meret 2008, Website URL http://lpmpjogja.diknas.go.id
Depdiknas, 2003, Belajar Mengajar Sistem
Modul, diakses 16 Juli 2007, Website URL http://www.geocities.com/guruvalah/modul_untuk_smk.pdf
Depkes, 1998, Perbandingan AKI dengan
Negara Lain, diakses 15 Juli 2007, website URL
http://bankdata.depkes.go.id/Profil/Indo98/Contens/bab6a.htm
Dewobroto, W., 2005,
Strategi Pembelajaran Era Digital Usulan Skenario dan Menyambut Transformasi
UPH sebagai Kampus Digital, Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, no 056, 711-733.
Djamarah, Syaiful
Bari dan Zain Aswan, 1997, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Hartono, A., 1996, Prinsip-Prinsip
Keperawatan, Andi, Yogyakarta.
Harun, J., Multimedia dalam
Pendidikan, diakeses 15 Juli 2007, Website URL
http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/elemenMM.pdf
Hidayat, A. A. A.,
2004, Pengantar
Konsep Dasar Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.
Inayati, R., 2004,
Evektifitas Media VCD dan Folder Program Harm Reduction pada Kelompok Injection Drug User (Aspek
Risk
Human Immuno Deficiency Virus), Tesis,
Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Jakir, A.R., 2006,
Faktor yang Berhubungan dengan Pemilihan Tenaga Kesehatan Penolong Persalinan
oleh Ibu Bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Borong Kompleks Kab. Sinjai Tahun
2006, diakses 28 Juli 2007, Website URL http://ridwanamiruddin.wordpress.com/2007/05/05/pemilihantenaga-
penolong-persalinan-di-borong-sinjai
Lismidar,H., 1990, Proses Keperawatan,
Penerbit Univesitas Indonesia, Jakarta.
Metekohy, F. A.,
2004, Pengaruh Media Ceramah, Leaflet dan VCD dalam Pencegahan Gangguan Akibat
Kekurangan Yodium (GAKI) di Kab. Maluku Tengah, Tesis,
Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Mochtar, R., 1998, Sinopsis Obstetri
Fisiologi, Obstetri Patologi, EGC, Jakarta.
Mujiyanto, 2008,
Penggunaan Media Pendidikan pada Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah,
diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL http://one.indoskripsi.com/judul-skripsi-tugas
makalah/matematika/penggunaan-media-pendidikan-pada-pengajaran
Notoatmodjo, S.,
1997, Ilmu
Kesehatan Masyarakat, Rineka Cipta, Jakarta.
Nurhasanah, 2008,
Teori Belajar Behavioristik, diakses tanggal 1 April 2008, http://www.uny.ac.id/akademik/sharefile/files/222.124.209.201_22042007
102130_atik_pgsd.doc
Permata, S.P., 2002,
Hubungan Pendidikan, Pengetahuan Kesehatan Maternal, dan Pendapatan dengan
Efektivitas Gerakan Sayang Ibu (GSI) dalam Meningkatkan Cakupan Persalinan oleh
Tenaga Kesehatan, Jurnal
Penelitian UNIB, Vol. VIII, No 2, Juli 2002, Halaman
100-104.
Pranata, Yosafat Adi,
2006, Visualisasi Pembelajaran Tekuk pada Kolom dengan Bantuan Software Berbasis
Perhitungan Numerik, diakses tanggal 1 April Website URL
www.geocities.com/ajipranata/yap_lkbali2006_2.pdf , vizu\liz\zi
Purwantiningsih, S.,
2006, Evaluasi Pelaksanaan Perawatan Luka Jahitan Perineum pada Ibu Post Partum
di Unit Kebidanan, Jurnal
Ilmu Keperawatan, Mei, 98-102.
Riyana, Cepi, 2008,
Peranan Teknologi dalam Pembelajaran, diakses tanggal 1 April 2008, Website URL
http://www.cepiriyana.blogspot.com
Roeshadi, R. H., Upaya Menurunkan Angka
Kesakitan dan Angka Kematian Ibu pada Penderita Preeklampsia dan Eklampsia,
USU Online 2006, diakses 15 Juli 2007. Website URL http://library.usu.ac.id/download/ebook/
Haryono.pdf
Saifuddin, A.B.,
2004, Buku
Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal,
Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo Universitas Indonesia, Jakarta.
Saroso, Siswo, 2008,
Upaya Pengembangan Pendidikan melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia, diakses
tanggal 1 April 2008,Website URL media.diknas.go.id/media/document/5650.pdf
Shane, B., Alih
bahasa Gulardi Wiknjosastro, Mencegah
Perdarahan Pasca Persalinan: Menangani Persalinan Kala Tiga,
Out Look Juni 2002 (Online), diakses 16 Juli 2007, Website URL http://www.path.org/files/Indonesian_19-3.pdf
Sriyono, 2001,
Pendidikan Kesehatan melalui Metode Diskusi Kelompok dan Ceramah Menggunakan
Media Audiovisual untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Kader
Posyandu dalam Menemukan Tersangka Tuberculosis Paru. Thesis, Program
Pascasarjana UGM, Yogyakarta.
Sudrajad, Media
Pembelajaran, diakses tanggal 1 April 2008, Website URL http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/media-pembelajaran/
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan Research and Development,
Alfabeta, Bandung.
Suleiman, A.H., 1988,
Media
Audio Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan,
PT Gramedia, Jakarta.
Suparno, A.S., 2001, Membangun Kompetensi
Belajar, Direktorat Jendral Pendidikan
Nasional, Jakarta.
Suryani, Nunuk, 2008,
Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia VCD terhadap Pencapaian
Kompetansi Belajar Sejarah (Studi Eksperimental di SMA Negeri 1 Karanganyar dan
SMA Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2006/2007), diakses tanggal 1 April 2008 Website
URL pasca.uns.ac.id/download/PPPKBermediaVCD_HjNunuk.pdf
Sutopo, A.H., 2003, Multimedia Interaktif
dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Syah, Muhibbin, 2006,
Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Triana, W., 2002,
Pendidikan Kesehatan melalui Metode Ceramah dan Modul dibandingkan Metode
Ceramah tanpa Modul untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Wanita dalam
Menghadapi Menopause di Kota Yogyakarta, Tesis, Program
Pasacasarjana UGM, Yogyakarta.
Universitas
Indonesia, 7 April 2005, Make
Every Mother and Child Count, Universitas
Indonesia (Online), diakses 15 Juli 2007
WHO, 1992, Pendidikan Kesehatan (diterjemahkan
oleh Ida Bagus Tjitarsa), Penerbit ITB dan Udayana, Bandung
WHO, 2005, Make Every Mother and
Child Count, diakses 28 Juli 2007, Website URL http://www.who.int/whr/2005/whr2005_en.pdf
WHO, 2006, WHO. Recommendation for the
Prevention of Postpartum Haemorrahage, diakses 28 Juli
2007, Website URL http://whqlibdoc.who.int/hq/2007/WHO_MPS_07.05_eng.pdf
Wursanto, 2002,
Pengembangan desain materi pelatihan SDM untuk menghasilkan kompetensi
karyawan, diakses tanggal 1 Maret 2008, Website URL www.damandiri.or.id/file/aitiyawahyupermanaunairbab6.pdf
-
Yulianto, W.A., Refleksi Wafatnya R.A.
Kartini bagi Para Suami, Kompas edisi Senin, 19 April 2004.
Diakses 15 Juli 2007, Website URL http://kompas.com/kompas-cetak/0404/19/swara/969638.htm
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar