ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
hasil belajar IPS siswa kelas I dengan metode group Investigation.
Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN XXX yang berjumlah 25
siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang
digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan.
uji Validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi
metode.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri
dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan,
penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan
analisis.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing
siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan
refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan dalam hasil belajar IPS siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran
dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat
. hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan I sebesar
72% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 19 siswa
serta pada siklus II pertemuan I sebesar 80% atau 20 siswa, pada siklus II
pertemuan II sebesar 92 % atau 23siswa Hal ini membuktikan bahwa dengan
penerapan metode group Investigation mampu meningkatkan hasil belajar
IPS siswa kelas I.
Kata kunci : Hasil
belajar IPS, metode group Investigation
DAFTAR PUSTAKA
Jacobs .1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Slameto .2003.Belajar sebagai Proses
Peninkatan Pengalaman .Jakarta Arya Darma
Poerwadarminta. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya
Nasution & Gestalt 2006 Belajar
merubah Tingkah laku .Bandung :Sapta Cipta
Hamalik.2006.Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara.
Henypratiwi.2009.£'Asper/e«5/a/ Learning http://\wvw.eksperiensialleaming.com. diakses21 Juni 2012.
Abu Ahmadi &Munawar .2005 Psikologis
berpengaruh pada Proses Belajar . Jakarta Budi Luhur
Wattimena AA. 2009. Metode Penelitian Naratif. http://rp8podcasts.com.
DiakseS 21 Juni 2012.
UU Sisdiknas No.20 2003
Rubiyanto Rubino,2011. Metode Penelitian
Pendidikaa Solobaru:Qinant
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rieneke Cipta.
Winkel, W.S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Oemar Malik 2006. Proses Belajar Mengajar.
Jakarta : Bumi Aksara.
Kurikulum KTSP SD / MI 2007.
Kurikulum KTSP SD / MI 2006
Wardani,I.G.A.K.2007. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : UniversitasTerbuka.
Suharsimi Arikunto,Sugiyanto 2009 .Pengajaran
dengan sistematis yang Efisien Jakarta :Sarta Cipta
Sardjiyo, 201 l.Pencifik/PSI/SD ,Jakarta
:Universitas Terbuka
Benyamin Bloom ,2009.Psikologi Pendidikan
Cetakan 1.Jakarta :Rieneke Cipta.
Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan,Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana, N. 1989. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja RosdaKarya.
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motrvasi Belajar Mengajar,
Jakarta:PT. Raja Grapindo
Persada.
Buku-buku Refensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar