ABSTRAK
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah
dengan penerapan metode pembelajaran Giving Questiona and Getting Answer untuk
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI ips 2
SMA Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini untuk metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, teknik evaluasi/tes, dokumentasi, angket.
Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan
yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam
Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus
dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data
peningkatan keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode Giving Question and Getting Answer dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 18,92% dan
hasil belajar akuntansi yang mencapai KKM 45,95% dengan nilai rata – rata
64,33. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi
42,08% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 62,17% dengan nilai
hasil belajar siswa 74,84. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa
meningkat menjadi 72,2% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak
75,68 % dengan nilai hasil belajar siswa 77,25. Berdasarkan data hasil
penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2
SMA Negeri XXX Tahun Ajaran 2011/2012 sebesar 70% dan dapat dietrima
kebenarannya.
Kata kunci: Metode pembelajaran Giving Question and Getting Answer,
Keaktifan, hasil belajar
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Chaniago, Defri. 2010. Aktifitas
Belajar. Diakses pada tanggal 18 November 2011. Jam 14.20 WIB
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian
Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri Djamarah, Syaiful. 1995. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Baridwan, Zaki. 2000. Intermediate
Accounting. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Budimansyah, Dasim. 2002. Model Pembelajaran
dan Penilaian. Bamdung: Genesindo.
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum yang
Disempurnakan. Bandung : Remaja Rosada Karya.
Febru Aries, Erna. 2009. Indikator
Keaktifan Siswa Yang Dapat Dijadikan Penilaian Dalam PTK. Diakses pada
tanggal 18 November 2011. Jam 13.59 WIB
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan
Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Harjanto. 2010. Perancanaan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.
Nawawi, Hadari. 2005. Penelitian Terapan.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pelajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna
Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sanjaya.2011. Pengertian Perkembangan
Belajar. Diakses pada tanggal 15 November 2011. Jam 14.23 WIB
Sardiman, AM. 2001. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Silberman, Mel. 2009. Active Learning.
Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor
yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Soemarso S.R. 2004. Akuntansi Suatu
Pengantar. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis
dan Akuntansi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, Joko. 2006. Gaya Belajar
Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Uno, Hamzah. 2009. Mengelola
Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar