ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan anak dalam memahami konsep matematika yang dihkususkan
pada penjumlahan dan pengurangan serta pengenalan angka atau bilangan pada anak
kelompok B TK XXX. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
media kantung pintar. Karena proses pembelajaran dilakukan secara berulang maka
dilaksanakan melalui siklus.Tempat penelitian ini dilakukan di TK XXX dengan menggunakan system deskriftif dalam bentuk penelitian tindakan
kelas. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah : lembar observasi
aktifitas guru dan lembar observasi hasil belajar anak. Subjek penelitian ini
berjumlah 11 anak laki-laki dan 19 anak perempuan pada siklus I. Dari hasil
observasi prasiklus diperoleh data yaitu : observasi pelaksanaan pembelajaran
aktifitas guru 56 % dan observasi tes kemampuan hasil belajar 22,47 %, pada
siklus II terjadi peningkatan yaitu observasi pelaksanaan pembelajaran
aktifitas guru 85,7 % dan observasi tes kemampuan hasil belajar 85,17 % maka
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman konsep matematika
dapat ditingkatkan melalui permainan media kantung pintar. Kata kunci: konsep
matematika, kantung pintar, anak usia dini.
DAFTAR PUSTAKA
Asmani, Jamal Ma’ruf. (2011), Penelitian
Tindakan Kelas, Yogyakarta, Laksana.
Astuti Wili. (2011). Bermain dan teknik
permainan, Surakarta.Qinant.
Darsinah. (2011) Perkembangan Kognitif,Surakarta.
Qinant.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Didaktif
Metodik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Dediknas.
Kasbolah E.S dan Iwayan Sukarnyana. (2006) Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), Malang. Universitas Negeri Malang (UM. Prees)
Mariyadi. Dkk. (2011). Pedoman Penulisan
SKRIPSI FKIP. Surakarta. BP-FKIP.UMS
Miftahudin. (2012) Berbagai Jenis Strategi
Pembelajaran Program Studi PGTK/ PAUD. Sorong, STKIP Muhammadiyah Sorong.
Mujiono. (2007). Psikologi Pendidikan
Dengan Pendekatan Baru. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Prasetyarini, Aryati. (2011). Psikologi
Pendidikan. Modul.
Riyanto, yatim (2010). Metode Penelitian
Pendidikan. Surabaya. SIC
Sujiono, Yuliani, Nurani. (2009). Kosep
Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Jakarta. RT. INDEKS.
Sujiono, dkk. (2008). Metode Pengembangan
Kognitif, Jakarta. Universitas Terbuka.
Sumiati. (2007). Metode Pembelajaran, Bandung.CV.
Sunarto. (2010). Penelitian Tindakan Kela,
Penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Surabaya. Kementrian
Pendidikan Nasional. UNESA.
Supriyadi. (1996). Karakteristik Pada
Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Surtikanti. (2011). Media dan Sumber
Belajar Untuk Anak Usia Dini. Modul.
Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar