HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 03 Juni 2016

PTK SMP 210 : Penggunaan Lagu Berbahasa Arab Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IX MTs xxx Tahun Pelajaran 2011/2012



BAB I
PENDAHULUAN


A.           Latar Belakang Masalah
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa rumpun Semit yang menjadi dewasa dan matang hingga menjadi bahasa sastra paling dominan bersamaan dengan turunnya al-Qur’an.  Bahasa Arab menjadi bahasa kitab suci yang dinilai memiliki sakralitas yang tinggi dan perkembangannya terpelihara seiring dengan adanya “garansi” pemeliharaan otentisitas al-Qur’an dari Allah Swt.  
 Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa internasional (sejajar dengan Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia, dan Cina pada PBB) sejak 1973. • Sekarang bahasa Arab menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara (Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Oman, Yordania, Kuwait, Iraq, Mesir, Syria, Lebanon, al-Jazair, Sudan, Libya, Tunisia, Qatar, Marokko, Djibouti, Eritria, Chad, Palestina, Comoros, Somalia, Yaman, Mauritania).  Pendidikan bahasa Arab saat ini banyak menjadi kebutuhan pendidikan di negara Barat dan juga di seluruh dunia, karena adanya motivasi kuat untuk mengetahui Islam dan Timur Tengah, terutama kebudayaan Islam dan Timur (Ardiyani, 2009: 2).
Hal-hal tersebut menunjukkan pentingnya bahasa Arab dalam dunia pendidikan, mengingat bahasa Arab akan menjadi kebutuhan yang sangat urgen bagi pergaulan internasional. Hal ini menjadikan tugas bagi institusi pendidikan dan para pengajar untuk memperkuat daya dukung penguasaan bahasa Arab bagi sumberdaya manusia Indonesia melalui pendidikan bahasa Arab yang berkualitas.
Salah satu bagian pembelajaran bahasa asing (foreign language), termasuk didalamnya adalah bahasa Arab, salah satu hal yang menjadi pokok keberhasilan adalah penguasaan kosa kata yang memadai. Menurut Hansen (2005: 54), tidak akan tercapai penguasaan bahasa yang baik tanpa adanya perbendaharaan kata  atau kosa kata (yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan vocabbulary) yang memadai.
Salah satu kendala pembelajaran di MTS ... kelas IX-A dalam pembelajaran bahasa arab adalah kurangnya perbendaharaan siswa. Hal ini menjadikan siswa kurang mampu mencapai prestasi yang baik, bahkan siswa memiliki kendala untuk memahami maksud perintah-perintah tertulis dalam bahasa Arab, disamping menjawab permasalahan-permasalahan bahasa Arab yang diberikan guru. Prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih rendah, dimana baru 50% siswa kelas IX-A yang mampu mencapai ketuntasan belajar.
Merujuk pada konsep pembelajaran bahasa asing yang dikemukakan oleh Strainlerr (1996: 16), penggunaan media lagu berirama (musik) maupun visual disarankan untuk digunakan pada pendidikan bahasa asing, khususnya terkait dengan perbendaharaan kata bahasa Asing. Strainler mengemukakan bahwa penggunaan media lagu memiliki berbagai kelebihan untuk pembelajaran kosa kata diantaranya (1) Lagu memberikan kenyamanan dan kesenangan dalam proses belajar, (2) Lagu lebih mudah diingat karena banyaknya pengulangan kata dalam lirik, (3) Irama lagu mampu memperkuat ingatan siswa pada kata-kata tertentu, dimana banyak siswa mudah mengasosiasikan suatu irama tertentu untuk kata-kata yang disukainya, (4) Lagu menghilangkan kesan sulit mengingat dan menghafal, sebab lagu mampu menghilangkan kesan perintah formal untuk menghafal perbendaharaan kata, (5) Lagu dapat menjadi media dimana siswa akan belajar menghafal bersama-sama melalui nyanyian yang dinyanyikan bersama, sehingga ketika siswa lupa maka dia dapat mengingat kembali dengan mendengar apa yang diucapkan rekan lainnya dalam lagu.
Mengingat tingginya manfaat media lagu untuk mendukung pembelajaran kosa kata tersebut, maka dilakukan penelitian dengan judul: “ PENGGUNAAN LAGU BERBAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IX-A MTS ..... TAHUN PELAJARAN 2011/2012”


B.            Identifikasi Masalah

Berdasarkan atas latar belakang masalah yang telah diuraikan, dapat diidentifikasi adanya permasalahan sebagai berikut:
1.      Perbendaharaan kata atau kosa kata menjadi bagian yang sulit untuk dikuasai siswa kelas IX-A MTS ....
2.      Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ... masih rendah.

C.           Rumusan Masalah
Berdasarkan atas identifikasi masalah yang ada, dibuat rumusan masalah penelitian sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah pelaksanaan penggunaan media lagu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-A MTS ... tahun pelajaran 2011/2012?
2.      Apakah penggunaan media lagu dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ... tahun pelajaran 2011/2012?

D.           Tujuan Penelutian
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal berikut:
1.      Langkah-langkah pelaksanaan penggunaan media lagu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-A MTS ... tahun pelajaran 2011/2012.
2.      Peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ... tahun pelajaran 2011/2012 melalui pembelajaran dengan menggunakan media lagu.

E.            Manfaat Penelitian
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.        Meningkatkan khasanah pengetahuan pembelajaran bahasa arab di sekolah.
2.        Meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ....






DAFTAR RUJUKAN

Depag. 2007. Kurikulum 2007 Standar Kompetensi MI. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Izzan, Ahmad. 2007. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhaiban. 2002. Strategi Pembelajaran Al Arabiyah Lil Athfa:l (ALA). Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Al Arabiyah Lil Athfal. Pada Tanggal 13 Juni 2002.
Nurhidayati. & Ridwan, Nur Anisah. 2005. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Program due-like. Malang: Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Permenag RI. 2008. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syamsuddin, Prof. Dr. Dkk. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, edisi kelima. Malang: Penerbit UM.
Zaenuddin, Radliyah. 2005. Metodologi & Strategi Alternatif  Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.



Buku-Buku Referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar