BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa rumpun Semit yang menjadi dewasa
dan matang hingga menjadi bahasa sastra paling dominan bersamaan dengan
turunnya al-Qur’an. Bahasa Arab
menjadi bahasa kitab suci yang dinilai memiliki sakralitas yang tinggi dan
perkembangannya terpelihara seiring dengan adanya “garansi” pemeliharaan
otentisitas al-Qur’an dari Allah Swt.
Bahasa Arab menjadi salah satu bahasa internasional (sejajar dengan
Inggris, Perancis, Spanyol, Rusia, dan Cina pada PBB) sejak 1973. • Sekarang
bahasa Arab menjadi bahasa resmi lebih dari 20 negara (Arab Saudi, Uni Emirat
Arab, Bahrain, Oman, Yordania, Kuwait, Iraq, Mesir, Syria, Lebanon, al-Jazair,
Sudan, Libya, Tunisia, Qatar, Marokko, Djibouti, Eritria, Chad, Palestina,
Comoros, Somalia, Yaman, Mauritania). Pendidikan bahasa Arab saat ini banyak menjadi kebutuhan pendidikan di negara
Barat dan juga di seluruh dunia, karena
adanya motivasi kuat untuk mengetahui Islam dan Timur Tengah, terutama
kebudayaan Islam dan Timur (Ardiyani, 2009: 2).
Hal-hal tersebut menunjukkan pentingnya bahasa
Arab dalam dunia pendidikan, mengingat bahasa Arab akan menjadi kebutuhan yang
sangat urgen bagi pergaulan internasional. Hal ini menjadikan tugas bagi
institusi pendidikan dan para pengajar untuk memperkuat daya dukung penguasaan
bahasa Arab bagi sumberdaya manusia Indonesia melalui pendidikan bahasa Arab
yang berkualitas.
Salah satu bagian pembelajaran bahasa asing (foreign language), termasuk didalamnya
adalah bahasa Arab, salah satu hal yang menjadi pokok keberhasilan adalah
penguasaan kosa kata yang memadai. Menurut Hansen (2005: 54), tidak akan
tercapai penguasaan bahasa yang baik tanpa adanya perbendaharaan kata atau kosa kata (yang dalam bahasa Inggris
dikenal dengan vocabbulary) yang
memadai.
Salah satu kendala pembelajaran di MTS ... kelas
IX-A dalam pembelajaran bahasa arab adalah kurangnya perbendaharaan siswa. Hal
ini menjadikan siswa kurang mampu mencapai prestasi yang baik, bahkan siswa
memiliki kendala untuk memahami maksud perintah-perintah tertulis dalam bahasa
Arab, disamping menjawab permasalahan-permasalahan bahasa Arab yang diberikan
guru. Prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih rendah, dimana baru 50%
siswa kelas IX-A yang mampu mencapai ketuntasan belajar.
Merujuk pada konsep pembelajaran bahasa asing yang
dikemukakan oleh Strainlerr (1996: 16), penggunaan media lagu berirama (musik)
maupun visual disarankan untuk digunakan pada pendidikan bahasa asing,
khususnya terkait dengan perbendaharaan kata bahasa Asing. Strainler
mengemukakan bahwa penggunaan media lagu memiliki berbagai kelebihan untuk
pembelajaran kosa kata diantaranya (1) Lagu memberikan kenyamanan dan
kesenangan dalam proses belajar, (2) Lagu lebih mudah diingat karena banyaknya
pengulangan kata dalam lirik, (3) Irama lagu mampu memperkuat ingatan siswa
pada kata-kata tertentu, dimana banyak siswa mudah mengasosiasikan suatu irama
tertentu untuk kata-kata yang disukainya, (4) Lagu menghilangkan kesan sulit
mengingat dan menghafal, sebab lagu mampu menghilangkan kesan perintah formal
untuk menghafal perbendaharaan kata, (5) Lagu dapat menjadi media dimana siswa
akan belajar menghafal bersama-sama melalui nyanyian yang dinyanyikan bersama,
sehingga ketika siswa lupa maka dia dapat mengingat kembali dengan mendengar
apa yang diucapkan rekan lainnya dalam lagu.
Mengingat tingginya manfaat media lagu untuk
mendukung pembelajaran kosa kata tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
judul: “ PENGGUNAAN LAGU
BERBAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN
KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IX-A
MTS ..... TAHUN PELAJARAN 2011/2012”
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan atas latar belakang masalah yang
telah diuraikan, dapat diidentifikasi adanya permasalahan sebagai berikut:
1.
Perbendaharaan kata atau kosa
kata menjadi bagian yang sulit untuk dikuasai siswa kelas IX-A MTS ....
2.
Prestasi belajar bahasa Arab
siswa kelas IX-A MTS ... masih rendah.
C.
Rumusan Masalah
Berdasarkan atas identifikasi masalah yang ada,
dibuat rumusan masalah penelitian sebagai berikut:
1.
Bagaimanakah pelaksanaan
penggunaan media lagu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-A MTS
... tahun pelajaran 2011/2012?
2.
Apakah penggunaan media lagu
dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ... tahun
pelajaran 2011/2012?
D.
Tujuan Penelutian
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah
untuk mengetahui hal-hal berikut:
1.
Langkah-langkah pelaksanaan
penggunaan media lagu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX-A MTS
... tahun pelajaran 2011/2012.
2.
Peningkatan prestasi belajar
bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ... tahun pelajaran 2011/2012 melalui
pembelajaran dengan menggunakan media lagu.
E.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan
manfaat sebagai berikut:
1.
Meningkatkan khasanah
pengetahuan pembelajaran bahasa arab di sekolah.
2.
Meningkatkan prestasi belajar
bahasa Arab siswa kelas IX-A MTS ....
DAFTAR RUJUKAN
Depag. 2007. Kurikulum 2007 Standar
Kompetensi MI. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Izzan, Ahmad. 2007. Metodelogi
Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung:
Remaja Rosda Karya.
Muhaiban.
2002. Strategi Pembelajaran Al Arabiyah Lil Athfa:l (ALA). Makalah
Disajikan Dalam Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Al Arabiyah Lil
Athfal. Pada Tanggal 13 Juni 2002.
Nurhidayati. & Ridwan, Nur Anisah. 2005. Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak. Program due-like. Malang: Jurusan
Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Permenag RI. 2008. Standar
Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di
Madrasah.
Sardiman. 2008. Interaksi
& Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syamsuddin, Prof. Dr. Dkk. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa.
Bandung: Remaja Rosda Karya.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan
Karya Ilmiah, edisi kelima. Malang: Penerbit UM.
Zaenuddin,
Radliyah. 2005. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta:
Pustaka Rihlah Group.
Buku-Buku Referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar