HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 03 Juni 2016

PTK SMA 109 = Pd 856 : Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2006 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI A SMA XXX Tahun Ajaran 2007/2008



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tiga dimensi dalam pelaksanaan kurikulun 2006 terhadap hasil belajar biologi pada siswa XI IA 1 SMA XXX Tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dianalisis menggunakan media alur. Media alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif meliputi : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil belajar (kognitif) biologi siswa, pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran biologi berlangsung dan guru mata pelajaran biologi. Dari hasil pembahasan dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajar siklus III lebih tinggi dari siklus I dan siklus II, baik dilihat dari aspek kognitif (8,26 > 7,96 > 7,35) dan afektif (21,5 > 17,1 > 14,7). Hal ini berarti media tiga dimensi dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.

Kata Kunci : Media Tiga Dimensi, Kurikulum 2006, Pembelajaran Biologi.



DAFTAR PUSTAKA



Ahmad Binadja. 1999. Penelitian Bervisi SETS. makalah disampaikan dalam    seminar Nasional Berorentasi Ketrampilan Hidup dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Semarang: Unnes
Aristo Rahadi.2003. Media Pembelajaran. Jakarta: DepDikNas.
Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grasindo Remaja.
DepDikNas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: DepDikNas.
Dewa Komang Tantra. 2005. Penelian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali.
Dimyati Mahmud. 1998. Psikologi Suatu Pengantar Belajar Mengajar. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta.
Elvin L. Silberman. 2004. 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Yogykarta: Nuansa Aksara Grafindo.
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
_________. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Hisyam Zaini, Berrawi Munthe, Sekarayu Aryani, Amin Djamaludin, Rifai Rosyad. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Nuansa Aksara Grafindo.
Hisyam Zaini. 2005. Metode dan Teknik Parsipatif. Yogyakarta: Nuansa Aksara Grafindo.
Maleong. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Tarsito.
Martinis Yamin. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mimi Haryati. 2007. Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pres Jakarta.
Muhammad Joko Susilo. 2007. KTSP Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 2000. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Agensindo.
Nuryani Y. Rustaman, Soedjojo Dirdjo Soemarto, Sutoso Adi Yudianto, Yusnani Achmad, Ruchji Subekti, Diana Rochintaniawati, Mimin Nurjhani K. 2003. Common Text (Edisi Revisi) Strategi Belajar Mengajar. Pendidikan Biologi FPMIPA. UPI.
R. Angkowo dan A. Kosasaih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Rochiati Wiraatmadja. 2006. Metode Penelitian Tidakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
                                . 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
                                . 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research Car). Jakarta: Bumi Aksara.
Supadyo. 1989. Statistik untuk SMEA Kelas III. Surakarta: Pabelan.
Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Berserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: Bumi Aksara. 
                                                          
Sutama. 2000. Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Matematika melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SUP N 18 Surakarta: Progam Pasca Sarjana UNY. Yogyakarta. UNY
Syaiful Bahri Djamarah.2000. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainal Arifin. 1999. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar