ABSTRAK
Peningkatan
mutu pembelajaran disekolah sangat tergantung dari beberapa faktor. Faktor yang
sangat penting antara lain adalah penerapan budaya sekolah kearah peningkatan mutu.
Budaya sekolah merupakan hal yang positif yang harus dipertahankan dan dilaksanakan
oleh semua warga sekolah tanpa merasa terpaksa. Budaya sekolah yang harus
dipertahankan salah satunya adalah masalah kedisiplinan, termasuk disiplin para
guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar. Untuk meningkatkan
disiplin para guru dapat diupayakan melalui bermacam-macam cara.
Dalam
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward
and Punishment untuk para guru di SMP XXX
Penelitian
ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena dari hasil penelitian dan analisa
data, ternyata pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas
pada proses belajar
mengajar
meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Dari hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam
kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan
Reward and Punishment kepada guru.
Kata
Kunci : Disiplin Guru, Reward and Punishment
DAFTAR PUSTAKA
Akhmad Sudrajat, (2010) Manfaat Prinsip
dan Asas Pengembangan Budaya Sekolah. [On Line]. Tersedia : http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaatprinsip-dan-asas-pengembangan-budaya-sekolah/
[06 Oktober 2010]
Amstrong. Michael, (1991). Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakrta:Ghalia Indonesia
Anwar Prabu Mangkunegara. (1994). Psikologi
Perusahaan. Bandung:PT. Trigenda Karya __________________________ (2000). Manajemen
Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2002). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan
Pembelajaran. Bandung:Alfabeta
Bambang Nugroho. (2006). Reward dan
Punishment. Bulletin CiptaKarya Departemen Pekerjaan Umum Edisi No.
6/IV/Juni 2006
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas
Hidayat, Sucherli. (1986). Peningkatan
Produktivitas Organisasi dan Pegawai Negeri Sipil: Kasus Indonesia,
Jakarta:Prisma
Megawangi, Ratna. (2007). Membangun
SDM Indonesia Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter.
Jakarta:Indonesian Heritage Foundation
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan
Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio-subagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalammeningkatkanmutu.html
Syamsul Hadi, (2009). Kepemimpinan
Pembelajaran, Makalah Disampaikan pada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja
Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional,
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat
Tenaga Kependidikan
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar