ABSTRAK
Skripsi ini berjudul Analisis Pengaruh
Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Kebab Turki Baba Rafi Di Yogyakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perilaku konsumen ikut
menentukan tercapainya tujuan perusahaan. Konsumen akan mempertimbangkan
berbagai faktor berkaitan dengan produk. Dengan menentukan atribut – atribut
apa saja yang dapat mempenaruhi perilaku pembelian maka dapat diketahui.
Atribut mana yang sudah sesuai maupun belum sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen dimana selanjutnya perusahaan dapat mengembangkan dan
menyempurnakan produknya agar lebih memuaskan konsumen dan tujuan perusahaan
agar dapat tercapai.
Penelitian dilakukan pada Kebab Turki
Baba Rafi. Perusahaan jasa yang memproduksi kebab sebagai makanan khas Turki. Populasi yang diteliti adalah
konsumen yang pernah datang membeli Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta. Sampel
yang digunakan 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi
harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan dan ukuran. Metode pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling dengan tehnik analisis deskriptif
dan statistik meliputi analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis dengan
uji secara serentak atau uji F. pengujian hipotesis dengan uji parsial atau uji
t dan analisis koefisien determinasi berganda.
Atribut produk mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian kebab di
Kebab Turki Baba Rafi. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai t-statistik lebih besar dari t-tabel. Besar pengaruh variabel harga (X1), rasa atau
aroma (X2), kemasan (X3), pelayanan (X4), dan ukuran (X5) terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,561. Besar pengaruh variabel
masing-masing atribut produk terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi yaitu untuk ; koefisien
korelasi antara variabel harga (X1) dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,276, hal ini
berarti korelasinya rendah, koefisien korelasi antara variabel rasa atau aroma (X2) dengan
keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,385,
hal ini berarti korelasinya sedang, koefisien korelasi antara variabel kemasan (X3) dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,298, hal ini
berarti korelasinya rendah, koefisien korelasi antara variabel pelayanan (X4)
dengan perilaku membeli Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,213, hal ini
berarti korelasinya rendah, dan koefisien korelasi antara variabel ukuran (X5)
dengan keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y) sebesar 0,420, hal ini berarti korelasinya cukup
kuat.
DAFTAR PUSTAKA
Anggarini, Yunita. ( 2001 ). Telaah Bisnis. Vol. 2. Yogyakarta : AMP
YKPN.
Asri, Marwan. ( 1999 ). Marketing.
Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Yogyakarta :
AMP YKPN
Assouri, Sofyan. ( 1989 ). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi . Edisi
Pertama. Cetakan Kedua.
Yogyakarta : AMP YKPN
Azwar, S. ( 2001 ). Reliabilitas
dan Validitas. Edisi ke tiga. Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Basu Swasta dan
T. Hani Handoko.
( 1982 ). Manajemen Pemasaran
: Analisa
Perilaku Konsumen.
Yogyakarta : LIBERTY.
Daromi, S, Sri Hardjanti Santosa. ( 1992 ). Kebijakan Bauran Pemasaran.
Cetakan
Ketiga. Yogyakarta. BPFE
UII.
Djarwanto Ps dan Pangestu
Subagya. ( 1994 ). Statistik Induktif. Yogyakarta
: BPFE.
Kotler, Philip dan
Gary Amstrong. ( 1986 ). Manajemen
Pemasaran Analisa, Perencanaan dan
Pengendalian. Jilid 1. Jakarta
: Erlangga.
--------. Dasar – Dasar
Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehalindo.
--------. ( terj). ( 1990 ). Manajemen Pemasaran Analisis
Implementasi dan Pengendalian. Jakarta
: Erlangga.
--------. ( terj). ( 1992 ). Prinsip -
Prinsip Pemasaran. Jilid I.
Jakarta :
Prenhalindo.
--------. ( 1992 ). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan
Implementasi dan Pengedalian.
Jilid 1 dan 2. Jakarta
: Erlangga.
--------. ( terj ). ( 1992 ).
Manajemen Pemasaran, Analisis,
Perencanaan dan
Pengendalian. Jilid 1. edisi Keenam. Jakarta : Salemba.
--------. ( terj ). Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. Jilid
2. Intermedia
--------. ( terj ). ( 1996 ). Dasar – Dasar Manajemen. Edisi
Keenam. Jakarta:
Erlangga
--------. ( terj ). ( 1997 ). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Prenhallindo.
Lamb, Hair, Mc Daniel. (
2001 )Pemasaran. Buku 1. Edisi
Bahasa Indonesia. Jakarta.
Mustafa, Zaenal.
( 1992 ). Pengantar Statistik
Deskriptif. Penerbit Fakultas
Universitas Islam Indonesia.
Yogyakarta.
Nurudin, Moch. ( 2007 ). Jurnal
Beta Bisnis, Ekonomi, dan Akuntansi. Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas
Muhamadiyah Gresik. Gresik.
Philip Koter dan Gery
Armstrong. Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehalindo.
Singarimbun, M dan Sofyan
Effendi. ( Editor ). ( 1995 ). Metode Penelitian Survai. Edisi Revisi.
Jakarta : Pustaka LP3 ES. Indonesia.
Tjiptono, Fandy.
( 1997 ). Strategi Pemasaran. Edisi
Kedua. Cetakan Kesatu.
Yogyakarta : Andi.
William J.S. ( 1985 ). Prinsip
Pemasaran. Jilid 1. Jakarta
: Erlangga.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar