ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA
SMA XXX dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI), 2) Hasil
belajar siswa kelas XI IPA SMA XXX dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data
perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan
yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber
data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar (aspek
kognitif) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa
untuk membaca materi mencapai 19 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan
diskusi mencapai 17 siswa (73,91%), aktivitas siswa memecahkan permasalahan
mencapai 16 siswa (70%), aktivitas siswa untuk presentasi mencapai 23 siswa
(100%), aktivitas siswa untuk menjawab pertanyaan mencapai 17 siswa (73,91%)
dan aktivitas siswa untuk menulis laporan mencapai 23 siswa (100%), 2)
Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai ³ 60 mencapai 16 siswa (70%) pada siklus III. Kesimpulan
penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) dapat
meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.
kata kunci : Group Investigation (GI), aktivitas siswa,
hasil belajar
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2009. Taksonomi Bloom. http://blog.unila.ac.id/hermiyanzi/files2009
/10bloom_anderson.ppt.
Diakses tanggal 01 Mei 2010
Anita Lee. 2005. Cooperative
Learning. Edisi ke empat. Grasindo.
Jakarta.
Agus Suprijono. 2009. Cooperative
Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Asri Wijayanto. 2007. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Biologi dengan Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media LKS pada Siswa
Kelas VII D SMP Negeri 2 Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi.
UMS. Surakarta.
Chabib Thoha. 1994. Teknik
Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
David Naruddin. 2009. Pembelajaran
Kooperatif Metode Group Investigation. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2209/06/20/
pembelajaran-kooperatif-metode-group-investigation/. Diakses tanggal 06
Nopember 2009.
Depdiknas. 2003. Penelitian
Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Derektorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Dewa Komang Tantra, 2005, Konsep
Dasar dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Makalah disampaikan dalam : Pelatihan Metodologi
Penelitian Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (PPKP) dan Penelitian
Tindakan kelas (PTK) Bagi Dosen-Dosen LPTK seIndonesia. Direktorat
Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (Dit.
PPTK dan KPT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas, Jakarta.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran
Kooperatif. UN Surabaya Press. Surabaya.
Isjoni. 2007. Cooperative
Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta. Bandung.
Hisyam
Zaini. 2002. Desain Pembelajaran Di
Perguruan Tinggi. CTSD IAIN Sunan Kalijaga.
Yogyakarta.
Lexy J. Moeloeng. 1998. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Depdiknas. Jakarta.
Matthew B. Miles dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. VI-Press. Jakarta.
Prasasti. 2009. Taksonomi
Bloom. http://prasastie.multiply.com/journal/item/47. Diakses tanggal 23 Desember 2009.
Rochiati Wiraatmaja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Sardiman. 2001. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali. Jakarta.
Suharsimi Arikunto. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Rineka Cipta. Jakarta.
________________. 2006. Prosedur Penelitian Judul Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Jakarta.
Sugiyono. 2006. Metodologi
Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Slameto. 2003. Belajar
dan Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.
Uzer Usman. 2001. Menjadi Guru
Profesional, Edisi ke 2. Remaja Rasda Karya Bandung.
Zainal Arifin. 1998. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar