ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan mengembangkan bakat anak di TK XXX
tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang dilaksanakan di TK XXX
dengan subyek penelitian berjumlah 15 siswa atau peserta didik, dengan
penelitian observasi studi lapangan yang dilaksanakan dalam proses belajar
mengajar di kelas.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang
dilaksanakan menunjukan ppeningkatan yang sangat baik, dari tahap siklus 1 dan
siklus 2 dalam mengembangkan semangat belajar melalui permainan dengan media
kartu huruf. Hal ini sangat relevan dengan hasil data penelitian pada siklus 1
menunjukan kategori baik dengan rata-rata persentase berkisar 45% dan meningkat
ke angka 77%. Dengan demikian bahwa penelitian ini dapat dikatakan cenderung
berhasil mengembangkan kreatifitas anak di TK XXX.
Kata kunci: huruf vokal, kartu huruf
DAFTAR PUSTAKA
Ericson, Erik (1994) dalam Sarlito W Sarwono,
Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh Psikologi, Bulan Bintang,
Jakarta, 2002
Hetherington, E Mavis dan Rose Parke (1979), Begining
and beyond: Fundations in Early Childhood Educatiaon. Delmar publishing
Inc, New York
Istadi. Irawati, (2002), Istimewakan
Setiap Anak (Seri Psikologi Anak 2,) Pustaka Inti, Bekasi
Miarso. Yusuf Hadi, (2007) Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan, Jakarta : Kencana, , h.457
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran
di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta Jakarta :
Newby dalam Dewi Salma Prawiradilaga, (2008),
Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta : Kencana, h.64
Sudono. Anggani, (2000), Sumber Belajar
dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). PT. Grasindo.
Jakarta.
Suparman. M. Atwi, (2001), Desain
Instruksional, Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka, h.187
Widyo, (2012) Materi kuliah Universitas
Guna Dharma http://widyo.staff.gunadarma.ac.id
Yulia. Gunarsa dan Gunarsa, Singgih D.,
(2008). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : Gunung
Mulia.
Astute, Wili. (2011). Bermain Dan Teknik
Permainan. Surakarta: Qinant
Depdiknas (2004). Pendidikan Anak Usia
Dini. Jakarta.
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran
bidang pengembangan kognitif di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak
Dan Sekolah Dasar. Jakarta
Gardner, Howard, alih bahasa Alexander
Sindiro. (2003). Kecerdasan Majemuk dalam Praktek. Interaksara. Batam Center.
Hibana, Rahman. S. (2002). Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. PGTKI Press. Yogyakarta.
Masitoh dkk, (2005). Metode
Pengembangan Bahasa,. Pusat Pembinaan Bahasa. Jakarta
Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar