HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Sabtu, 14 Mei 2016

PTK TK 016 = Pd 985 : Pengembangan Kreativitas Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak TK XXX Tahun Ajaran 2012/2013

ABSTRAK



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengembangkan bakat anak di TK XXX tahun pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang dilaksanakan di TK XXX dengan subyek penelitian berjumlah 15 siswa atau peserta didik, dengan penelitian observasi studi lapangan yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan ppeningkatan yang sangat baik, dari tahap siklus 1 dan siklus 2 dalam mengembangkan semangat belajar melalui permainan dengan media kartu huruf. Hal ini sangat relevan dengan hasil data penelitian pada siklus 1 menunjukan kategori baik dengan rata-rata persentase berkisar 45% dan meningkat ke angka 77%. Dengan demikian bahwa penelitian ini dapat dikatakan cenderung berhasil mengembangkan kreatifitas anak di TK XXX.
Kata kunci: huruf vokal, kartu huruf




DAFTAR PUSTAKA

Ericson, Erik (1994) dalam Sarlito W Sarwono, Berkenalan dengan Aliran-aliran dan Tokoh Psikologi, Bulan Bintang, Jakarta, 2002
Hetherington, E Mavis dan Rose Parke (1979), Begining and beyond: Fundations in Early Childhood Educatiaon. Delmar publishing Inc, New York
Istadi. Irawati, (2002), Istimewakan Setiap Anak (Seri Psikologi Anak 2,) Pustaka Inti, Bekasi
Miarso. Yusuf Hadi, (2007) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta : Kencana, , h.457
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta Jakarta :
Newby dalam Dewi Salma Prawiradilaga, (2008), Prinsip Desain Pembelajaran, Jakarta : Kencana, h.64
Sudono. Anggani, (2000), Sumber Belajar dan Alat Permainan (untuk Pendidikan Anak Usia Dini). PT. Grasindo. Jakarta.
Suparman. M. Atwi, (2001), Desain Instruksional, Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka, h.187
Widyo, (2012) Materi kuliah Universitas Guna Dharma http://widyo.staff.gunadarma.ac.id
Yulia. Gunarsa dan Gunarsa, Singgih D., (2008). Psikologi Praktis : Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : Gunung Mulia.
Astute, Wili. (2011). Bermain Dan Teknik Permainan. Surakarta: Qinant
Depdiknas (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Depdiknas. (2007). Pedoman pembelajaran bidang pengembangan kognitif di Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar. Jakarta
Gardner, Howard, alih bahasa Alexander Sindiro. (2003). Kecerdasan Majemuk dalam Praktek. Interaksara. Batam Center.
Hibana, Rahman. S. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PGTKI Press. Yogyakarta.
Masitoh dkk, (2005). Metode Pengembangan Bahasa,. Pusat Pembinaan Bahasa. Jakarta



Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147






Tidak ada komentar:

Posting Komentar