ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang
dialami sebagian besar siswa. Hal ini dikarenakan siswa belum memahami sebutan
pembilang dan sebutan penyebut. Akibatnya siswa tidak terampil dalam
menyelesaikan operasi hitung penjumlahan, pembagian, dan perkalian bilangan
pecahan. Sehingga hasil tes formatif maupun hasil tes sumatif menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil
belajar siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung
pecahan dan merencanakan tindakan yang harus dilakukan oleh guru kelas VI SD XXX. Adapun cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal operasi
hitung pecahan agar siswa tidak mengalami kesulitan adalah dengan menggunakan
pembelajaran tutor sebaya.
Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana tiap siklus meliputi tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Adapun
yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VI semester I SD XXX tahun pelajaran 2004/2005 yang
terdiri dari 44 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Tehnik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan tes akhir siklus. Sedangkan indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila pada siklus 3 nilai rata-rata
kelas telah mencapai 6,7.
Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa pembelajaran
tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas dalam menyelesaikan
soal operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI semester I SD XXX tahun pelajaran 2004/2005. Saran yang
dapat disampaikan adalah pembelajaran tutor sebaya akan lebih efektif apabila
anggota dalam satu kelompok berjumlah tidak lebih dari 5 anak, serta ketepatan
memilih anak yang akan bertindak sebagai tutor sebaya.
DAFTAR PUSTAKA
Amin Suyitno. 2004. Matematika Sekolah I.
Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Balai Pustaka. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Depdikbud. 1994. Kurikulum
Pendidikan Dasar. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Kelas VI SD. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fontana. 1981. Proses
Belajar Mengajar.Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Herman Hudoyo. 1990. Belajar Strategi Mangajar Matematika. Malang: Penerbit IKIP Malang.
Hisyam Zaini. 2002. Strategi pembelajaran di Perguruan
Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center For Teaching Staff Development).
Kuswadi. 2001. Pembelajaran
Siswa SLTP. Surakarta:
FKIP Universitas Sebelas Maret.
Ruseefendi. 1989. Dasar-Dasar
Matematika Modern Dan Komputer Untuk Guru. 1989. Bandung: Tarsito.
Sugeng Hariyadi dan Kawan-Kawan. 1993. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: CV. IKIP Semarang
Press.
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar