ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk : ( 1 ) Mengetahui peningkatan pemahaman
konsep siswa kelas V SD XXX melalui penggunaan model pembelajaran
tutor sebaya. ( 2 ) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran
matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model
pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas
dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan model siklus dengan langkah rencana, tindakan,
observasi dan refleksi.. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD XXX Tahun Pelajaran
2010 / 2011 Waktunya semester II, dimulai pada bulan Januari sampai dengan
bulan April 2011. Dari hasil pengamatan sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh
informasi bahwa dari 20 siswa, ada 4 siswa atau 20 % siswa yang sudah tuntas
dalam pembelajaran matematika, sedangkan pada siklus 1 diperoleh informasi
bahwa dari 20 siswa, ada 10 atau 50 % yang sudah tuntas dalam pembelajaran
matematika. Sedangkan pada siklus II diperoleh informasi bahwa dari 20 siswa,
terdapat 17 siswa atau 85 % yang telah tuntas dalam pembelajaran matematika.
Pada siklus III diperoleh informasi dari 20 siswa terdapat 19 siswa atau 95 % siswa tuntas dalam
pembelajaran. Dengan demikian, dapat diketahui dari hasil penelitian bahwa melalui
penggunaan model pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran matematika, maka
pemahaman konsep dan keaktifan siswa kelas V SD XXX Tahun Pelajaran 2010 / 2011 meningkat sebesar 95 %.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Keaktifan Siswa,
Pembelajaran Tutor Sebaya
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka
Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :
Bumi Aksara
Abdurrahman, Muhammad. 2004. Pengaruh
Pemahaman Konsep dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal
Matematika Pokok Bahasan Bilangan Pecahan. Skripsi : FKIP UMS ( Tidak
diterbitkan )
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : bumi
Aksara
Handoko, Lilik. 2007. Penerapan
Pendidikan Realistik Dalam Pembelajaran Matematika
Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang. Skripsi : FKIP
UMS ( Tidak diterbitkan )
Heruman. 2008. Model
Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : Rosda
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Bandung : Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1991. Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran.
Jakarta : FEUI
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung :
Alfabeta
Silberman, Melvin L.2009. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif.
Bandung : Nusamedia
Syamsu Yusuf LN. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung: Rosda
Sriyono dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA.
Jakarta : Rineka Cipta
Sudwiyanto, dkk. 2007. Terampil Berhitung Matematika Kelas V.
Jakarta: Erlangga
Sugiyanto . 2008. Model-Model
Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru ( PSG ) Rayon
13
Sumanto, YD. 2008. Gemar
Matematika 5. Jakarta : Depdiknas
Tristiyawati, Rina. 2007. Penggunaan
Pendekatan Konstektual Dalam Pembelajaran
Matematika Sebagai upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan.
Skripsi : FKIP UMS ( Tidak diterbitkan )
Uno, Hamzah. 2007. Model
Pembelajaran Mencetak PBM Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara
www.bilangan
bulat.wordpress.com, 26 Oktober 2010.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar