ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi IPS melalui metode
Role Playing. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri
Pagendisan yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah
siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan
trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan
metode Role Playing dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis
paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I
persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar
75% atau 18 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 22 siswa. Hal ini
membuktikan bahwa dengan penerapan metode Role Playing mampu meningkatkan
pemahaman siswa. Kata kunci : Peningkatan pemahaman, metode Role Playing, IPS
DAFTAR
PUSTAKA
Agustina,
Sry. 2011. Pengertian IPS (http://sryagustinapink.
blogspot.com/2011/12/pengertian-ips.html). diakses pada 13 Juni 2012.
Arikunto,
Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakiek. Jakarta:
Rineka Cipta. Arikunto,
Suharsimi.
2009. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi
Aksara.
Arikunto,
Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Asrori,
Mohammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Hamzah. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini,
Sri. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Qinant.
Kunandar.
2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi
Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution.
1995. Asas – asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Rubiyanto, Rubino.
2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant.
Rubiyanto,
Rubino dan Saring Marsudi. Penelitian Tindakan Kelas Ke SD an dan Karya
Tulis Ilmiah. 2008. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
SM,
Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM.
Semarang: Rasail Media Group.
Sugiyono.
2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunarto
dkk. 2004. Pengetahuanan Sosial. Jakarta: Erlangga.
Suwandi,
Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Qinant.
Suwarno.
2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD). Surakarta: Qinant.
Syah,
Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Syarifuddin.
2007. Pembelajaran Matematika Sekolah. (http://syarifartikel.blogspot.com/2009/07/pembelajaran-matematika-sekolah-1.html),
diakses pada 20 Juni 2012.
Tim
Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Zuhairini,
dkk. 1983. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Buku-buku Refensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar