HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 14 Januari 2016

PTK SD 230 = Pd 923 : Peningkatan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Role Playing Kelas II SD XXX Tahun 2012/2013

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi IPS melalui metode Role Playing. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Pagendisan yang berjumlah 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Role Playing dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis paragraf narasi yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis sebesar 75% atau 18 siswa dan pada siklus II sebesar 92% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Role Playing mampu meningkatkan pemahaman siswa. Kata kunci : Peningkatan pemahaman, metode Role Playing, IPS




DAFTAR PUSTAKA

Agustina, Sry. 2011. Pengertian IPS (http://sryagustinapink. blogspot.com/2011/12/pengertian-ips.html). diakses pada 13 Juni 2012.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakiek. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto,
Suharsimi. 2009. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Mohammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima. Hamzah. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini, Sri. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Qinant.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution. 1995. Asas – asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant.
Rubiyanto, Rubino dan Saring Marsudi. Penelitian Tindakan Kelas Ke SD an dan Karya Tulis Ilmiah. 2008. Surakarta: PGSD FKIP UMS.
SM, Ismail. 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.
Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunarto dkk. 2004. Pengetahuanan Sosial. Jakarta: Erlangga.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Qinant.
Suwarno. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (ISBD). Surakarta: Qinant.
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Syarifuddin. 2007. Pembelajaran Matematika Sekolah. (http://syarifartikel.blogspot.com/2009/07/pembelajaran-matematika-sekolah-1.html), diakses pada 20 Juni 2012.
Tim Penyusun Kamus. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Zuhairini, dkk. 1983. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.


Buku-buku Refensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar