ABSTRAK
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN XXX. Tujuan dari dilaksanakan
penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui
metode kumon pada siswa kelas I SDN XXX. 2) Meningkatkan kualitas
guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui metode kumon. Penelitian ini
dirancang dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dimana permasalahan itu
muncul dari kelas yang dihadapi peneliti. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik ini
digunakan untuk mendapatkan keakuratan data dalam penelitian. Analisis data
yang digunakan adalah deskriptif, yaitu keberhasilan pelaksanaan, tindakan yang
telah dilaksanakan disimpulkan bahwa peningkatan kualitas hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa 1)
Penerapan metode kumon dalam pembelajaran matematika kelas I dapat meningkatkan
(a) Hasil belajar matematika siswa meningkat, (b) Rata-rata hasil belajar
matematika meningkat menjadi 80,95, (c) Ketuntasan belajar siswa meningkat
menjadi 93 %. 2) Penerapan metode kumon dapat meningkatkan kemampuan guru dalam
menerapkan berbagai metode yang disesuaikan dengan materi dan karakteristik
siswa dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
Kata Kunci : hasil belajar, matematika, metode
kumon.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi,
Abu. 1978. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan
Praktis. Jakarta
: Bintang Terang.
Arikunto,
Suharsimi. 1996. Evaluasi Pendidikan.
Jakarta :
Rineka Cipta.
Arikunto,
Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian :
Suatu PendekatanPraktek. Jakarta
: Rhineka Cipta.
Arikunto,
Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta
: Rineka Cipta.
Bloom.
1981. Dasar-dasar Pendidikan (
Terjemahan Sugiyarto ). Surakarta
: FKIP UNS.
Bruce,
Joyce, Marsha Weil, With Emily Calhoun. 2000. Models of Teaching. Boston
: Alyn and Bacon.
Buchari,
Mochtar. 1986. Dasar-dasar Kependidikan.
Bandung :
Tarsito.
Chaplin,
JP. 1992. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Pustaka Jaya.
Departemen
Pendidikan Nasional. 2004. Model
Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaan Sains.
Jakarta : Pusat
Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Depdiknas.
2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata
Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta : Balitbang Depdiknas.
Lie,
Anita. 2007. Cooperative Learning.
Mempratekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Linda,
Lundgren. 1994. Cooperative Learning in
The Science Classroom. New York
: McGraw-Hill.
Mudhoffir.
1990. Proses Kegiatan Belajar Mengajar di
Sekolah Formal. Surabaya
: Usaha Nasional.
Nasution.
1972. Psikologi Pengajaran Nasional. Bandung : Remaja Rosda
Karya.
Nata
Wijaya, Rochman. 1992. Penelitian Untuk
Ilmu-Ilmu Perilaku. Bandung
: Remaja Rosda Karya.
Poerwadarminto,
WJS. 1993. Kamus Umum Matematika. Jakarta : PN. Balai
Pustaka.
Richard,
Arends, I. 1997. Classroom Instruction
and Management. Boston
: McGraw-Hill.
Robert, slavin, E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Reserch and
Par dice. Second Edition. Boston
: Allyn an Bacon Publishers.
Slameto.
1998. Didaktik Metodik. Jakarta : Pustaka Jaya.
Sudjana,
Nana. 2005. Pembinaan dan Pengembangan
Kurikulum. Bandung
: Publikasi, FIP IKIP Bandung.
Sudjana,
Nana. 2006. Penilaian Basil Proses
Belajar Mengajar. Bandung
: PT. remaja Rosda Karya.
Surachmad,
Winarno. 1996. Azas-Azas Dalam Proses
Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung
: Remaja Rosda Karya.
Suryabrata,
Sumadi. 1993. Psikologi Pendidikan.
Jakarata : Raja Grafindo Persada.
Syah,
Muhibbin. 1995. Peningkatan Mutu
Pendidikan Melalui Pembelajaran Aktif. Bandung : Tarsito.
The
Liang Gie. 2000. Kamus Psikologi. Jakarta : PN. Balai
Pustaka.
Wilis
Dahar, Ratna. 1986. Pengelolaan Ilmu
Pengetahuan Alam. Jakarata : Rajawali Press.
Winkel,
WS. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo
Persada.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar