ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjawab
pertanyaan sederhana anak TK XXX, tahun pelajaran 2011/2012.
Kemampuan menjawab pertanyaan anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu
pembelajaran harus menyenangkan dan menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan
kemampuan menjawab anak adalah melalui permainan kartu gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek
penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK XXX tahun
pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaburatif antara peneliti, guru
kelas kelompok A dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi, keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data
dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ada peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan anak melalui permainan kartu
gambar yakni sebelum tindakan 45,41%, siklus I mencapai 61,87%, siklus II
mencapai 72,12% dan siklus III mencapai 87,91%. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah permainan kartu gambar yang sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan
kemampuan menjawab pertanyaan anak TK XXX.
Kata
kunci : menjawab pertanyaan, permainan kartu gambar
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azhar Arsyat. 1983. Media Pembelajaran. Semarang: Widya Karya.
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Fridani dkk. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Guntur Tarigan, Henry. 1983. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Isjoni. 2010. Model
Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung:
Alfabeta.
Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa TK 1996. Jakarta: Depdikbud.
Moeslichaton. 2004. Metode Pengajaran Anak TK. Jakarta: Rineka Cipta.
Meleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Yeti, dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta Universitas Terbuka.
Nazir Moh. 1995. Metode
Penelitian. Jakarta:
Ghalia Indonesia
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Grafindo Litera Media
Pengembangan Ketrampilan Berbahasa Anak Usia Pra Sekolah. 2004. Departemen
Pendidikan Nasional.
Suhartono. 2005. Pengembangan
Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Diknas.
Suharso, Ana Retnaningsih. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.
Buku-buku referensi di atas dapat diperoleh di : TOKO BUKU RAHMA
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar