HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 10 Desember 2015

PTK TK 013 = Pd 837 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Sederhana Melalui Metode Permainan Kartu Gambar Di TK XXX Tahun 2012


ABSTRAK




Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjawab pertanyaan sederhana anak TK XXX, tahun pelajaran 2011/2012. Kemampuan menjawab pertanyaan anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menyenangkan dan menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menjawab anak adalah melalui permainan kartu gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK XXX tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaburatif antara peneliti, guru kelas kelompok A dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan anak melalui permainan kartu gambar yakni sebelum tindakan 45,41%, siklus I mencapai 61,87%, siklus II mencapai 72,12% dan siklus III mencapai 87,91%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu gambar yang sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan kemampuan menjawab pertanyaan anak TK XXX.
 Kata kunci : menjawab pertanyaan, permainan kartu gambar




DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Azhar Arsyat. 1983. Media Pembelajaran. Semarang: Widya Karya.
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Fridani dkk. 2006. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Guntur Tarigan, Henry. 1983. Menyimak Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa TK 1996. Jakarta: Depdikbud.
Moeslichaton. 2004. Metode Pengajaran Anak TK. Jakarta: Rineka Cipta.
Meleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyati, Yeti, dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta Universitas Terbuka.
Nazir Moh. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media
Pengembangan Ketrampilan Berbahasa Anak Usia Pra Sekolah. 2004. Departemen Pendidikan Nasional.
Suhartono. 2005. Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Diknas.
Suharso, Ana Retnaningsih. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.



Buku-buku referensi di atas dapat diperoleh di  : TOKO BUKU RAHMA

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar