HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 10 Desember 2015

PTK SMA 008 : Upaya Perbaikan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Transformasi Geometri Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Dan Penggunaan Alat Peraga Pada Kelas III IPA 3 SMA Negeri XXX Semester I Tahun Pelajaran 2004/2005


ABSTRAK



Tujuan Penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam pembelajaran pokok bahasan -Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN xxx. 2. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN xxx. 3. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII IA.1 SMAN xxx.

            Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN xxx. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007 s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN xxx pada kelas XII IA. 1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.

              Hasil penelitian: Pada pra siklus sebanyak 20 siswa atau 49% tidak tuntas dan 21 siswa atau 54% tuntas.  Hasil siklus I adalah sebanyak 29 siswa atau 71% tuntas, sedangkan 12 siswa atau 29% siswa tidak tuntas. Hasil siklus II sebanyak 41 siswa atau 100% tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis yang mengatakan : 1. Metode kooperatif model Jigsaw akan efektif dalam pembelajaran Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN xxx, terbukti kebenarannya. 2. Metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN xxx, terbukti kebenarannya. 3. Metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pokok Bahasan Matriks kelas XII IA.1 SMAN xxx, terbukti kebenarannya.

 


DAFTAR PUSTAKA



Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wagiman, 2003. Prioritas Matematika dalam Penerapan Kehidupan 3, Untuk SMU / MA Program IPA. Surakarta : Widya Dita.
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 



Untuk mencari buku-buku referensi di atas silahkan klik link berikut : TOKO BUKU RAHMA

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar