ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode
sosiodrama. Kemampuan mengutarakan pendapat pada anak perlu ditingkatkan karena
mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan
dengan orang lain, oleh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran
yang tepat, menarik, dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan
kemampuan mengutarakan pendapat adalah dengan menerapkan metode sosiodrama.
Desain penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B di TK ABA XXX tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif
antara peneliti dan guru kelas. Data yang digunakan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran
sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data
diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik
komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang dicapai oleh anak
dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan
kemampuan mengutarakan pendapat anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni
sebelum tindakan 37,26%, siklus I mencapai 65,12%, siklus II mencapai 75,54%,
dan siklus III mencapai 82,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan
metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan mengutarakan pendapat pada anak
Taman Kanakkanak. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah
teruji kebenarannya.
Kata Kunci: Metode Sosiodrama,
Kemampuan Mengutarakan Pendapat
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
“Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan
Mengemukakan Pendapat Siswa pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat”. http://repository.upi.edu Diakses
pada 25 November 2011, 14:28.
Anonim.
”Teknik Konseling Asertif Trainning”. Dalam http://misscounseling.blogspot.com.
Diakses pada 25 November 2011, 14:58.
Anonim.
http://www.kesimpulan.com. Diakses pada 26 November 2011, 20:15.
Anonim.
http://id.shooving.com.__Diakses pada 26 November 2011, 19:51.
Anonim.
“Metode Penelitian, Jenis Penelitian, dan Data Penelitian”. Dalam http://merahitam.com.
Diakses pada 30 November 2011, 19:36.
Agustini,
Tri. 2007. “Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajukan Pendapat Dalam Pembelajaran
Kewarganegaraan Melalui Penggunaan Metode Diskusi Bagi Siswa Kelas VIII C SMP N
24 Surakarta Pada Semester II Tahun 2007”. Dalam Widyatama Vol
5 No 2. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Arikunto,
Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmawati,
Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Departeman
Agama. 2000. Petunjuk Teknis Proses Belajar Mengajar di Raudhlatul
Athfal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Departemen Agama RI.
Departemen
Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman
Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.
Desmita.
2005. Psikologi Perkembangan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Dharminto.
Metode Penelitian dan Penelitian Sampel._ Dalam
http://eprints.undip.ac.id . Diakses pada 30 November 2011, 19:42.
Dhieni,
Nurbiana dkk, 2006. Metode Pengembangan Bahasa.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Hanurda.
2008. http://digilib.petra.ac.id. Diakses pada 25 November 2011, 14:23. Imamudin,
Agus. 2011. ”Penerapan Metode Sosiodrama Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sd Kelas V Materi
Apresiasi Sastra”. Dalam http://agus-imamudin.blogspot.com. Diakses pada 25
November 2011, 14:39.
Khalimah,
Siti. 2010. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama pada
Siswa Kelas VI di SDN Suwayuwo I Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan”.
Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Karnadi.
2009. “Pengaruh Jenis Kelamin Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Mengungkapkan
Pendapat Anak Kelas Rendah Di Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal
Pendidikan Dasar Vol 10 No 2. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri.
Notohadiprawiro,
H. 1992. “Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah”. http://soil.faperta.ugm.ac.id/tj/1991/1992%20meto.pdf
. Diakses pada 30 November 2011, 19:21.
Purwaningsih,
Ari. 2011.”Penerapan Metode Sosiodrama untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa
Anak di Kelompok A Semester II tahun 2010/2011 Tk Minhajut Thullab Baujeng -
Beji Kabupaten Pasuruan”. Malang: Universitas Negeri Malang.
Poerwadarminta,
W.J.S. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia.
Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Wardhani,
I.G.A.K dan Wihardit, Kuswaya. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiriatmadja,
Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar