ABSTRAK
Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas xxx, 62 halaman. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menceritakan kembali
cerita yang pernah didengar melalui metode bercerita menggunakan papan flanel
pada anak di TK xxx. Jenis penelitian adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).
Subjek
penelitian ini berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak
perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisis model alur. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak, yakni sebelum
tindakan 42,01%, Siklus I mencapai 60,06%, Siklus II mencapai 70,13%, dan
Siklus III mencapai 81,94%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa melalui metode bercerita menggunakan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan
menceritakan kembali cerita yang pernah didengar anak di TK xxx
Tahun 2012.
DAFTAR
PUSTAKA
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Cetakan
Ke-4. Jakarta: Balai Pustaka.
Hidayat, Heri. 2003. Aktivitas Mengajar Anak TK. Bandung: Yarsis.
Hakim, Lukman. 2004. Metodologi Penelitian. Buku Pegangan Kuliah. Fakultas
Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Grasindo.
Kartika, Deny Dwi. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak
Kelompok B melalui Metode Bercerita di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Punggawan
Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. UMS. (UMS Skripsi tidak dipublikasikan).
Miles, Mathew B dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang
Metode-metode Baru).
Jakarta: UIP.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak (TK). Jakarta: Rineka Cipta.
Muaddab, Hafis. 2010. Metode Menceritakan Kembali.
(http://hafismuaddab.wordpress.com/2010/01/13/metode-menceritakankembali/ diakses pada 19 pada Desember
2011).
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Ratnawati, Eka. 2010. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Dongeng dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Bendosari
Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2010. UNS. (UNS Skripsi tidak dipublikasikan).
Wuntat. 2009. Mendidik Anak-Anak dengan Memanfaatkan Metode BCM. Yogyakarta: Pustaka Syahida.
Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar