ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kemandirian belajar anak dengan menggunakan metode
bermain peran. Kemandirian Belajar pada anak perlu ditingkatkan karena
mempunyai dalam kehidupan sehari-hari, oloeh karena itu perlu diterapkan suatu
metode pembelajaran yang tepat, menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk
meningkatkan kemandirian belajar adalag dengan menerapkan metode bermain peran
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah
anak didik kelompok B di TK XXX tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. data yang digunakan
untuk mengetahui peningkatan kemandirian amak maupun untuk mengethui proses
pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan.
Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dicapai oleh anak
dengan indikator kinerja Hasil penelitian menunjikkan bahwa ada peningkatan
kemandirian belajar anakdengan menerapkan metode bermain peran. yakni sebelum
tindakan 70,35%, Siklus I mencapai 84,59%, Siklus II mencapai 99,39%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran yang
diajukan telah treuji kebenarannya.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kemandirian
Belajar
Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar