HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 01 Desember 2015

PTK TK 011 = Pd 835 : Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Anak Kelas B Taman Kanak-Kanak XXX Tahun Ajaran 2011/2012

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar anak dengan menggunakan metode bermain peran. Kemandirian Belajar pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai dalam kehidupan sehari-hari, oloeh karena itu perlu diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemandirian belajar adalag dengan menerapkan metode bermain peran
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK XXX tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemandirian amak maupun untuk mengethui proses pembelajaran bermain peran dikumpulkan melalui observasi, dan catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis dicapai oleh anak dengan indikator kinerja Hasil penelitian menunjikkan bahwa ada peningkatan kemandirian belajar anakdengan menerapkan metode bermain peran. yakni sebelum tindakan 70,35%, Siklus I mencapai 84,59%, Siklus II mencapai 99,39%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran yang diajukan telah treuji kebenarannya.

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Kemandirian Belajar



Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar