ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran matematika. Subyek
penelitian ini adalah guru matematika kelas V A SD XXX dan
peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subtek
pembantu dalam perencanaan da pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswi
kelas V A yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara,
dukumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara
ini secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur
yaitu reduksi data, penyajian data dan transformasi data kasar dari hasil
catatan lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar
matematika siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator
peningkatan keaktifan mendengarkan penjelasan dan intruksi dari guru sebelum
tindakan 52,7%, pada siklus I sebesar 62,78%, dan pada siklus II mencapai
81,11%; mengajukan pertanyaan sebanyak sebelum tindakan 37,78%, pada siklus I
sebesar 63,89%, dan pada siklus II mencapai 82,22%; aktif menjawab pertanyaan/
soal sebelum tindakan sebesar 46,11%, pada siklus I sebesar 68,61%, dan pada
siklus II mencapai 82,78%. Selain peningkatan keaktifan belajar Matematika,
berdampak pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum ada
tindakan daya serap siswa sebesar 47,22%, pada siklus I daya serap siswa
sebesar 69,44%, dan pada siklus II daya serap siswa mencapai 91,67%. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi giving question and getting answer
dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas V A SD XXX Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci: giving question and getting answer,
keaktifan belajar
DAFTAR PUSTAKA
Jessica. 2009. “Pengertian Hasil Belajar”(online).(http://techonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertianhasil belajar.
htm, diakses tanggal 01 Desember 2012).
Margono, S. 2011. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa
Aktif. Bandung; Nusamedia dan Nuansa.
Susilo, Herawati. Chotimah, Husnul dan Sari, Yuyun Dwita. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana
Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia
Publishing.
Zulfa, Umi. 2010. Metode
Penelitian Pendidikan (edisi revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar