HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 18 Agustus 2014

PTK SD 211 = Pd 812 : Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Giiving Question And Getting Answer Pada Siswa Kelas V SD XXX Tahun Ajaran 2012/2013

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas V A SD XXX dan peneliti sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subtek pembantu dalam perencanaan da pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswi kelas V A yang berjumlah 36 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dukumentasi, dan tes. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara ini secara   deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan transformasi data kasar dari hasil catatan lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator peningkatan keaktifan mendengarkan penjelasan dan intruksi dari guru sebelum tindakan 52,7%, pada siklus I sebesar 62,78%, dan pada siklus II mencapai 81,11%; mengajukan pertanyaan sebanyak sebelum tindakan 37,78%, pada siklus I sebesar 63,89%, dan pada siklus II mencapai 82,22%; aktif menjawab pertanyaan/ soal sebelum tindakan sebesar 46,11%, pada siklus I sebesar 68,61%, dan pada siklus II mencapai 82,78%. Selain peningkatan keaktifan belajar Matematika, berdampak pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum ada tindakan daya serap siswa sebesar 47,22%, pada siklus I daya serap siswa sebesar 69,44%, dan pada siklus II daya serap siswa mencapai 91,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi giving question and getting answer dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas V A SD XXX Tahun Ajaran 2012/2013.


Kata kunci: giving question and getting answer, keaktifan belajar





DAFTAR PUSTAKA
  
Jessica. 2009. Pengertian Hasil Belajar”(online).(http://techonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertianhasil belajar. htm, diakses tanggal 01 Desember 2012).  
Margono, S. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung; Nusamedia dan Nuansa.                         
Susilo, Herawati. Chotimah, Husnul dan Sari, Yuyun Dwita. 2009. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.
Zulfa, Umi. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (edisi revisi). Yogyakarta: Cahaya Ilmu.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856-0196-7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar