ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri xxx
dengan penerapan metode think pair share yang menjadi subjek penelitiannya adalah
guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri
dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode
dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari pra siklus,
siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan
yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber
data diperoleh dari hasil motivasi belajar siswa dan observasi. Motivasi
belajar siswa dengan menerapkan metode think pair share. Siklus I
siswa yang termotivasi dalam mengikuti belajar yaitu 12 sekitar
(48%) siswa yang termotivasi. Pada siklus II siswa yang termotivasi
dalam mengikuti belajar yaitu 21 sekitar (84%) siswa yang termotivasi. Adapun
indikator motivasi belajar siswa yaitu : 1) Memperhatikan penjelasan guru 68%, 2) Keberanian bertanya 48%, 3) Menjawab pertanyaan 44%. Pada siklus II naik menjadi : 1) Memperhatikan penjelasan guru 80%, 2) Keberanian bertanya 80%, 3) Menjawab pertanyaan 76%. Aspek motivasi membawa dampak positif pada
hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM yaitu 15 sekitar
(60%) siswa, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu 21 sekitar (84%)
siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran
IPS pada siswa kelas IV SD XXX Tahun Ajaran 2012/2013.
Kata kunci : metode think pair
share, motivasi belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek, XIII. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,
Suharsimi Dkk. 2007. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Mella Evrilianti R. 2012. Peningkatan
Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SDN
3 Kalongan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta : Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Nela Nur Rohimah. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas
IV MIM Gedongan Pada Mata Pelajaran PKN Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Nurhadi. Kurikulum 2004 Pertanyaan Dan Jawaban.
Jakarta: PT Gramedia.
Putera,
Nusa. 2011. Penelitian kualitatif proses
& aplikasi. Jakarta: Indeks.
Sugiyono.2010.
Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno,
Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Jakarta: Bumi Aksara.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856-0196-7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar