HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 26 Januari 2014

TESIS T-206: Kreativitas Mengajar Guru Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa (PTK Siswa Kelas V SD N XXX)



ABSTRAK



Penelitian berangkat dari Tatar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, mated pelajaran ticlak kontekstual dan kinerja siswa rendah baik pada proses maupun produk belajarnya. Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan, kebosanan, Berta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui empat tahapan siklus penelitian tinclakan kelas.
Temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan faktor guru, antara lain menyangkut peningkatan kinerja melalui perubahan peran, yaitu sebagai berikut: eksplorator, fasilitator, dan mediator terciptanya iklim belajar yang kondusif. Sedangkan hambatannya berkaitan dengan aspek mentalitas, dalam hal ini para guru telah terbelenggu kebiasaan sistem konvensional yang sudah mapan, yaitu ceramah. Temuan yang berkaitan dengan faktor siswa meliputi: rendahnya motivasi belajar dan mentalitas.
Peningkatan kreativitas mengajar guru dalam penelitian ini terbukti berhasil membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa dan guru cukup kreatif dalam proses pembelajaran, penggunaan berbagai teknik untuk menumbuhkan dan merangsang siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, penggunaan berbagai media dan sumber belajar.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut di atas, dapat diajukan beberapa rekomendasi yang bersifat konseptual maupun praktis kepada pemegang otoritas pendidikan di Kabupaten Purwakarta sebagai solusi dan upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.





DAFTAR PUSTAKA

Al Muchtar, Suwarma. 2004. Pengembangan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikaii IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Balitbang. 2001. Naskah Akademik Rancangan Undang-Ondang, Jakarta: Depdiknas.
Barr, Robert, et al. 1987. The Nature of Social Studies disadur oleh Buhari Alma & Harlas Gunawan, Ap. (Hakikat Dasar Studi Sosial). Bandung: Sinar Baru.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta.
______ . 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tabun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta.
______ .2003. Dinas Pendidikan Nasional Kota Bandung Akan Merekrut 1.700 Guru Baru. Tersedia: http://www.lin.go.id/detail.asp?idartc1=050203PAPT0001&by=top ic.
Dirjen Dikdasmen. 2000. United Nation Development Program. Tersedia:http://www.republika.com/harian/1806/htm.
Ellis. 1998. Teaching and Learning Elementary Social Studies. Tersedia: http://www.ttsd.kl2.or.us/district/nis/Ellis/TeachResources/psu-s ummer2001.
Hamalik. 0. 2002. Perencanaan Pengalaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan. S. Hamid. 1996. Pendidikan limu-11mu Sosial, Jakarta: Depdikbud.
Hawadi. R.A., dkk. 2001. Kreativitas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hidayanto, Dwi Nugroho. 2001, Pengembangan Pembelajaran IPS SD berbasis Component Display Theory (CDT). Dalam Pusat Data dan  Informasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas. Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/jurnal/41/Dwi-Nugroho.htm.
Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Second Edition Buckingham - Philadelphia: Open University Press.
Ilyas Taufik. 2004, Purwakarta Hari Ini Genap Berusia 173 Tabun "Kota Pensiunan" yang Melesat Tersedia: http://www.pikiran­rakyat.com/cetak/0803/23/04x2.htm.
Jarolimek, J. dan Parker, W.C. 1993. Social Studies Elementary Education. 91h. Ed. New York : Mac Milian Publishing Co.
Kaltsounis. T. 1987. Teaching Social Studies in the Elementary School. The flasicsfor Citizenship, Englewood Cliff, N. J.: Prentice-Hall Inc.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Lincoln, Y.S., and Guba, E.G. 1985. Naturalictic Inquiry. Beverly Hills: Sage Publications.
Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Munandar, S.C. Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Para Guru clan Oran,- Tua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
______  .1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutakin, Awan. 2000. Pendidikan Ilmu Social. Bandung: FIPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Nasution. 2003. Metode Penelitian NaturalistikKualitatif. Bandung: Tarsito.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Shaver. 1991. Hand Book of Research on Social Studies. Teaching and Learning. N.Y; Mc. Milan Publishing Co.
Somantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Editor: Supriadi dan Mulyana. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Stahl. R. J. 1994. Cooperative Learning in Social Studies. Hand Book for Teacher. USA: Kane Publishing Service. Inc.
Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 1989. Kreativitas dan Orang-Orang Kreatif Dalam Lapangan Keilmuan: Profil Kehidupan dan Psikologis Para Ilmuan Yunior dan Senior di Indonesia serta Implikasinya Bagi Pendidikan dan flimbingan. Disertasi. Bandung: Universita Pendidikan Indonesia.
Sutadipura, Balnadi. 1985. Aneka Problema Keguruan. Bandung: Angkasa.
Sujtiaputra, Tikky Suwantikno. 2004. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di dalam Kelas. Tersedia: http://www.pikiran­rakyat.com/cetak/0204/28/0106.
Tilaar, H.A.R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Tilaar, H.A.R. 2002. M embenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.
Waney, Max Helly. 1989. Wawasan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2002. Pendiclikan Se/arah di Indonesia Persfektif Lokal, Nasional, Global. Bandung: Historia Utama Press.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2003. Pembelajaran IPSPada TingkatSekojab Dasar. Bandung: JPIS No. 19 Tabun XI Edisi Januari-Juli 2003.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2004. Bahan Perkuliahan PTX Bandung: PPS-UPI.
Wycoff. J. 2002. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan. Tersedia:
http://www.suaramerdeka.com./harian/0312/15/kha 1.htm

Referensi Lainnya

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 085725363887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar