ABSTRAK
Penelitian berangkat dari
Tatar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas
mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran,
mated pelajaran ticlak kontekstual dan kinerja siswa rendah baik pada proses
maupun produk belajarnya. Keadaan tersebut potensial menimbulkan kejenuhan,
kebosanan, Berta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian
permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan
peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru
mutlak perlu dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui
kajian-kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program
didasarkan data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas
secara alamiah melalui empat tahapan siklus penelitian tinclakan kelas.
Temuan-temuan penelitian yang
berkaitan dengan faktor guru, antara lain menyangkut peningkatan kinerja
melalui perubahan peran, yaitu sebagai berikut: eksplorator, fasilitator, dan
mediator terciptanya iklim belajar yang kondusif. Sedangkan hambatannya
berkaitan dengan aspek mentalitas, dalam hal ini para guru telah terbelenggu
kebiasaan sistem konvensional yang sudah mapan, yaitu ceramah. Temuan yang
berkaitan dengan faktor siswa meliputi: rendahnya motivasi belajar dan
mentalitas.
Peningkatan kreativitas
mengajar guru dalam penelitian ini terbukti berhasil membangkitkan dan
meningkatkan motivasi belajar siswa dan guru cukup kreatif dalam proses
pembelajaran, penggunaan berbagai teknik untuk menumbuhkan dan merangsang siswa
dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, penggunaan berbagai media dan sumber
belajar.
Berdasarkan temuan-temuan
tersebut di atas, dapat diajukan beberapa rekomendasi yang bersifat konseptual
maupun praktis kepada pemegang otoritas pendidikan di Kabupaten Purwakarta
sebagai solusi dan upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Al Muchtar, Suwarma. 2004. Pengembangan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikaii IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Balitbang. 2001. Naskah Akademik Rancangan Undang-Ondang, Jakarta: Depdiknas.
Barr, Robert, et al. 1987. The Nature of Social Studies disadur oleh Buhari Alma & Harlas Gunawan, Ap. (Hakikat Dasar Studi Sosial). Bandung: Sinar Baru.
Djamarah, Syaiful Bahri
& Aswan Zain. 1995. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta,.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi. Jakarta.
______ . 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tabun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional Jakarta.
______ .2003. Dinas Pendidikan Nasional Kota Bandung Akan Merekrut 1.700
Guru Baru. Tersedia:
http://www.lin.go.id/detail.asp?idartc1=050203PAPT0001&by=top ic.
Dirjen Dikdasmen. 2000. United Nation Development Program. Tersedia:http://www.republika.com/harian/1806/htm.
Ellis. 1998. Teaching and Learning Elementary Social Studies. Tersedia: http://www.ttsd.kl2.or.us/district/nis/Ellis/TeachResources/psu-s
ummer2001.
Hamalik. 0. 2002. Perencanaan Pengalaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan. S. Hamid. 1996. Pendidikan limu-11mu Sosial, Jakarta: Depdikbud.
Hawadi. R.A., dkk. 2001. Kreativitas. Jakarta:
Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hidayanto, Dwi Nugroho.
2001, Pengembangan
Pembelajaran IPS SD berbasis Component Display Theory (CDT). Dalam Pusat Data dan
Informasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas. Tersedia: http://www.depdiknas.go.id/jurnal/41/Dwi-Nugroho.htm.
Hopkins, David. 1993. A Teacher's Guide to Classroom Research. Second Edition Buckingham - Philadelphia: Open University Press.
Ilyas Taufik. 2004, Purwakarta Hari Ini Genap Berusia 173 Tabun "Kota Pensiunan"
yang Melesat Tersedia:
http://www.pikiranrakyat.com/cetak/0803/23/04x2.htm.
Jarolimek, J. dan Parker,
W.C. 1993. Social Studies
Elementary Education. 91h.
Ed. New York : Mac Milian Publishing Co.
Kaltsounis. T. 1987. Teaching Social Studies in the Elementary School.• The flasicsfor
Citizenship, Englewood Cliff, N.
J.: Prentice-Hall Inc.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Lincoln, Y.S., and Guba,
E.G. 1985. Naturalictic Inquiry.
Beverly Hills: Sage
Publications.
Muhibbin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Munandar, S.C. Utami. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi
Para Guru clan Oran,- Tua. Jakarta:
Gramedia Widiasarana Indonesia.
______ .1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mutakin, Awan. 2000. Pendidikan Ilmu Social. Bandung: FIPS Universitas Pendidikan Indonesia.
Nasution. 2003. Metode Penelitian NaturalistikKualitatif. Bandung: Tarsito.
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Shaver. 1991. Hand Book of Research on Social Studies. Teaching and Learning. N.Y; Mc. Milan Publishing Co.
Somantri, M. Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Editor: Supriadi dan Mulyana. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Stahl. R. J. 1994. Cooperative Learning in Social Studies. Hand Book for Teacher. USA: Kane Publishing Service. Inc.
Supriadi, Dedi. 1994. Kreativitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, Dedi. 1989. Kreativitas dan Orang-Orang Kreatif Dalam Lapangan Keilmuan:
Profil Kehidupan dan Psikologis Para Ilmuan Yunior dan Senior di Indonesia
serta Implikasinya Bagi Pendidikan dan flimbingan. Disertasi. Bandung: Universita Pendidikan Indonesia.
Sutadipura, Balnadi. 1985. Aneka Problema Keguruan. Bandung: Angkasa.
Sujtiaputra, Tikky
Suwantikno. 2004. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kreativitas Guru di dalam
Kelas. Tersedia: http://www.pikiranrakyat.com/cetak/0204/28/0106.
Tilaar, H.A.R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Tilaar, H.A.R. 2002. M embenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta.
Waney, Max Helly. 1989. Wawasan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Depdikbud.
Wiriaatmadja, Rochiati.
2002. Pendiclikan Se/arah
di Indonesia Persfektif Lokal, Nasional, Global. Bandung: Historia Utama Press.
Wiriaatmadja, Rochiati.
2003. Pembelajaran IPSPada
TingkatSekojab Dasar. Bandung:
JPIS No. 19 Tabun XI Edisi Januari-Juli 2003.
Wiriaatmadja, Rochiati.
2004. Bahan Perkuliahan PTX
Bandung: PPS-UPI.
Wycoff. J. 2002. Menjadi Super Kreatif
Melalui Metode Pemetaan. Tersedia:
http://www.suaramerdeka.com./harian/0312/15/kha 1.htmReferensi Lainnya
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar