HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 24 Januari 2014

PTK SMP 206 = Pd-801 : UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MAKE A MATCH (PTK Kelas VIII SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2008/2009)

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan kekatifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan make a match. 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan make a match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, review, metode test dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melipuiti a) keberanian mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat menjadi 72,5% b) keaktifan siswa mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan 5% meningkat menjdi 60% c) keberanian siswa menanggapi atau mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan 7,5% meningkat menjadi 65% d) mengerti dan dapat melakukan langkah pendekatan kerjasama dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 77,5% e) kerjasama dalam kelompok sebelum dilakukan tindakan 5% meningkat menjadi 70%. 2) Adanya peningkatan prestasi belajar yang siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebelum dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan make a match dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Keaktifan, Pendekatan make a match





DAFTAR PUSTAKA
 

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja. Jakarta.
Kurniawati, Arie. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Segi-4 melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS). Skripsi Surakarta: FKIP UMS (tidak diterbitkan)
Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.
Muslimah, Nana. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukoco, Lilik. 2003. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi. Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Sutama, 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta. Yogyakarta : Pasca Sarjana UNY (tidak diterbitkan).
Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Widyastuti, Wahyu. 2003. Upaya Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS). Skripsi. Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan).




Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar