ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan kekatifan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui pendekatan make
a match. 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran
matematika melalui pendekatan make a
match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
kolaboratif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang
menerima tindakan. Subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Subyek yang
membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan,
review, metode test dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini yaitu 1)
Adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika melipuiti a)
keberanian mengerjakan soal di depan kelas sebelum dilakukan tindakan 12,5%
meningkat menjadi 72,5% b) keaktifan siswa mengemukakan pendapat sebelum
dilakukan tindakan 5% meningkat menjdi 60% c) keberanian siswa menanggapi atau
mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan 7,5% meningkat menjadi 65% d)
mengerti dan dapat melakukan langkah pendekatan kerjasama dalam kelompok
sebelum dilakukan tindakan 0% meningkat menjadi 77,5% e) kerjasama dalam
kelompok sebelum dilakukan tindakan 5% meningkat menjadi 70%. 2) Adanya
peningkatan prestasi belajar yang siswa yang mendapat nilai diatas 60 sebelum
dilakukan tindakan 25% meningkat menjadi 65%. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah penerapan pendekatan make a match dapat
meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchori, Mochtar. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta:
Kanisius.
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kerja. Jakarta.
Kurniawati, Arie. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa pada Pokok
Bahasan Bangun Segi-4 melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
(TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS). Skripsi Surakarta: FKIP UMS (tidak diterbitkan)
Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfa Beta.
Muslimah, Nana. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi.
Surakarta: FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A. M. 2004. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sukoco, Lilik. 2003. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa
dalam Pembelajaran Matematika melalui Pola Latihan Interaktif. Skripsi.
Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan).
Sutama, 2000. Peningkatan Efektivitas Pembelajaran
Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLTP Negeri 18 Surakarta.
Yogyakarta : Pasca Sarjana UNY (tidak diterbitkan).
Usman, Uzer. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Widyastuti, Wahyu. 2003. Upaya Peningkatan Aktivitas Siswa dalam
Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS).
Skripsi. Surakarta : FKIP UMS
(tidak diterbitkan).
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar