ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca
melalui metode Speed Reading pada
siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah XXX tahun pelajaran
2012/2013. Penelitian
dilaksanakan pada semester Gasal tahun pelajaran 2012/2013 selama 4 bulan,
yakni mulai bulan Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Speed Reading
dapat meningkatkan kemampuan membaca
pada siswa kelas V
MI XXX tahun
pelajaran 2012/2013. Indikator
peningkatan kemampuan membaca ini ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata
kemampuan membaca, yaitu pada
pra siklus = 68,4 kpm; pada siklus I =
81,4; dan pada siklus II = 106,7 kpm. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan
ataupun rujukan bagi guru yang menghadapi persoalan dalam pembelajaran membaca
cepat. Hal ini dikarenakan penelitian ini telah terbukti mempunyai pengaruh
positif, yakni dengan meningkatnya kemampuan membaca bagi siswa kelas V MI XXX
Kata kunci: Kemampuan,
Membaca, dan metode Speed Reading
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan
Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Afifuddin dan Beni A
S. 2009. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Harsono, Adhitia
Putra. 2011. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Teks melalui Metode Membaca Cepat
(speed reading) di Kelas IV SDN
Kembangarum Kabupaten Blitar”. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan
Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.
Nasution, Farid
2001. Hubungan Metode Mengajar dan Prestasi Belajar : Jurnal Ilmu
Pendidikan. Februari 2001. Jilid 8 No.1.
Noer, Muhammad.
2010. Speed Reading for Beginner. http://www.MuhammadNoer.com.
Di unduh 28 Mei 2012 pukul 20.45 WIB.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung:
Sinar Baru dan YA3 Malang.
Nurhayati, Fifin.
2009. “Penggunaan Metode Speed Reading
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V Pelajaran Bahasa
Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang”. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah
Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.
Pandawa, Nurhayati, Hairudin dan Mislinatul S. 2009. Pembelajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.
Potter, Donald
L. 2003. Language Learning,:Reading, Teaching Beginners. Published in A
Cyclopedia of Education : University of California
Pratiti, Nur
'Aini. 2010. “Peningkatan
Aktivitas Belajar dan Kemampuan Membaca Cepat melalui Metode Speed Reading pada Siswa Kelas IV SDN
Pakisaji 02 Malang“. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah
FIP Universitas Negeri Malang.
Suhardjono. 2009.
Penelitian
Tindakan Kelas.
Jakarta: Bumi
Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode
Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabheta.
Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar
Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS.
Suwandi, Sarwiji.
2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru
Rayon 13.Warseno, Agus dan
Ratih Kumorojati. 2011. Super Learning.
Jogjakarta: Diva Press.
Tarigan,
Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu
Ketrampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Wiraatmaja, Rochiati. 2005. Metode
Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ziauddin Khand.
2004. Teaching Reading Skills: Problems & Suggestions. Journal
of Research (Faculty of Languages & Islamic Studies) Vol.5. Shah Abdul Latif University Khairpur.
Referensi Lainnya
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar