HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Rabu, 28 September 2016

PTK SD 216 = Pd 909 : Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD XXX Tahun 2012/2013

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreatifitas dalam matematika melalui metode Quantum Learning. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri XXX yang berjumlah 14 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan catatan observasi yang berupa chek list. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripstif kualitatif yang terdiri dan 4 komponen, yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dan empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kreatifitas siswa dalam matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dan perolehan kreatifitas siswa dalam matematika yang meningkat dan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas matematika 79% atau 11 siswa dan pada siklus II sebesar 86% atau 12 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Quantum Learning mampu meningkatkan kreatifitas siswa dalam matematika.


Kata kunci: Kreatifitas siswa dalam Matematika, Quantum Learning.



Daftar Pustaka

Asep Hery Hermawan, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.
Ari Astuti. 2008. Ayo Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Pembukuan Depdiknas.
Hari Ane Johnson (Dani Dharyani) 2008. Pengajaran Yang Kreatif dan Menarik, Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Mulyani Sumantri. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetya, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas terbuka.
Rubiyanto, Rubinaa. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Qinant.
Ruseffendi. 1997. Pendidikan Matematika. Jakarta: universitas Terbuka.
Sulhan, Najib. 2006. Managemen Pembelajaran Guru. Surabaya: SIC
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Surakarta: Qinant.
Sumatno. 2003. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas terbuka.

Sulhan,Najib. 2006. Model Pembelajaran. Surabaya: (Surabaya Intelektual Club).



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar