HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 08 Agustus 2016

PTK SMA 112 : Upaya Pencapaian Ketuntasan Belajar Melalui Tindakan Remedial Dengan Metode Pemberian Tugas Dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX Tahun Pelajaran 2007/2008

ABSTRAK



Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya nilai pembelajaran Sosiologi siswa kelas X semester ganjil Sekolah Menengah Atas XXX, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang upaya pencapaian ketuntasan belajar melalui tindakan remedial dengan metode pemberian tugas dalam pembelajaran sosiologi di kelas X semester ganjil SMA XXX.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas  tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas sebagai upaya Pencapaian ketuntasan belajar pada bidang studi Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar yang terdiri dari tes obyektif. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%).
Dari hasil analisa data menunjukkan tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX mencapai ketuntasan belajar siswa; Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (78,00%), siklus II (85,00%), siklus III (95,00%).
Simpulan dari penelitian ini adalah tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX Tahun Pelajaran 2007/2008 dapat dijadikan upaya dalam mencapai ketuntasan belajar.





DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. 1978. Didaktik Metodik. Semarang: PT Toha Putra.
Ali, Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Metode Penelitian. Jakarta: PT Bina Aksara.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta.
Hasi, Sutrisno. 1991. Evaluasi Belajar Mengajar. Surakarta: UNS.
I.I Pasaribu. 1982. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Tarsito.
Ischak Dkk. 1987. Program Remidial dalam Proses Belajar Mengajar . Yogyakarta : Liberty.
Purwanto, ngalim. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung.
Sudirman AM. 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
S. Winkel. 1982. Psikology Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Usman, Uzer. 1984. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar