ABSTRAK
Permasalahan
penelitian ini adalah rendahnya nilai pembelajaran Sosiologi siswa kelas X semester
ganjil Sekolah Menengah Atas XXX, oleh karena itu dalam
penelitian ini dibahas tentang upaya pencapaian ketuntasan belajar melalui
tindakan remedial dengan metode pemberian tugas dalam pembelajaran sosiologi di
kelas X semester ganjil SMA XXX.
Penelitian
bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas
tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas sebagai
upaya Pencapaian ketuntasan belajar pada bidang studi Sosiologi di Kelas X
Semester Ganjil SMA XXX.
Pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan
aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas
guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar yang terdiri dari tes obyektif. Analisa data menggunakan rumus sederhana
yaitu persentase (%).
Dari
hasil analisa data menunjukkan tindakan remidial dengan menggunakan metode
pemberian tugas pada bidang studi Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX mencapai ketuntasan belajar siswa; Hal ini dapat dilihat
dari prosentase rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari
siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (78,00%), siklus II (85,00%), siklus
III (95,00%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah tindakan remidial dengan menggunakan metode
pemberian tugas pada bidang studi Sosiologi di Kelas X Semester Ganjil SMA XXX Tahun Pelajaran 2007/2008 dapat dijadikan upaya dalam
mencapai ketuntasan belajar.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi, Abu. 1978. Didaktik Metodik. Semarang: PT Toha
Putra.
Ali,
Muhammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar
Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
Arikunto,
Suharsimi. 1992. Metode Penelitian.
Jakarta: PT Bina Aksara.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar
Mengajar. Jakarta.
Hasi,
Sutrisno. 1991. Evaluasi Belajar
Mengajar. Surakarta: UNS.
I.I
Pasaribu. 1982. Proses Belajar Mengajar.
Bandung: PT Tarsito.
Ischak
Dkk. 1987. Program Remidial dalam Proses
Belajar Mengajar . Yogyakarta : Liberty.
Purwanto,
ngalim. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung.
Sudirman
AM. 1987. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
S.
Winkel. 1982. Psikology Pengajaran. Jakarta:
PT Grasindo.
Usman,
Uzer. 1984. Menjadi Guru Profesional.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar