HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 25 Juli 2016

PTS 012 : Pelaksanaan Workshop Sebagai Upaya Meningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Strategi Dan Model Pembelajaran Pada Guru-guru SMP Negeri xxx Tahun Peljaran 2009/2010 Semester I

ABSTRAK



         Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menyusun strategi dan model pembelajaran melalui workshop, serta meningkatkan kemampuan guru-guruSMPN 102 Jakarta dalam menyusun strategi pembelajaran melalui workshop di SMP Negeri XXX. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kepengawasan dengan melibatkan 27 orang guru SMP Negeri XXX. Pemilihan subyek dalam penelitian ini karena SMP Negeri XXX menjadi salah satu sekolah binaan peneliti sehingga dimungkinkan mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 85 % guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian strategi pembelajaran, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan guru mengikuti workshop dan hasil pelaksanaan workshop.
Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesipan dan kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran pada guru-guru SMP Negeri XXX. Dengan demikian dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran.
        
Kata Kunci: Workshop, Kemampuan Guru, Strategi Pembelajaran.






 

 
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:  Bina Aksara
Badudu, J.S. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Friedenberg, Lisa. 1995. Psychological Testing: Design, Analysus, and Use. Boston: Allyn and Bacon.
Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Prokton and W.M. Thornton. 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager. Jakarta:  Bina Aksara
Purwanto, M  Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Simamora, Henry. 1995. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rasyid, Mahmunar. 2005. Strategi Pembelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Team Games Tournament dengan Sistem Porlimawih. Jakarta: Depdiknas


Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar