ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses menyusun strategi dan model pembelajaran
melalui workshop, serta meningkatkan kemampuan guru-guruSMPN 102 Jakarta dalam
menyusun strategi pembelajaran melalui workshop di SMP Negeri XXX.
Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru
terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kepengawasan
dengan melibatkan 27 orang guru SMP Negeri XXX. Pemilihan subyek dalam
penelitian ini karena SMP Negeri XXX menjadi salah satu sekolah binaan
peneliti sehingga dimungkinkan mendapatkan hasil yang optimal. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan
masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah:
bila minimal terdapat 85 % guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek penilaian
strategi pembelajaran, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan
berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kesiapan
guru mengikuti workshop dan hasil pelaksanaan workshop.
Dari analisis diperoleh bahwa
terjadi peningkatan kesipan dan kemampuan guru dalam menyusun strategi
pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja
terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui
workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun strategi pembelajaran
pada guru-guru SMP Negeri XXX. Dengan demikian dapat disarankan kepada
pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai
salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun strategi
pembelajaran.
Kata Kunci: Workshop, Kemampuan Guru, Strategi Pembelajaran.
|
|
Arikunto Suharsimi. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bina
Aksara
Badudu, J.S. 1988. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia.
Friedenberg,
Lisa. 1995. Psychological Testing: Design, Analysus, and Use. Boston: Allyn and Bacon.
Mathis dan Jackson. 2002. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Salemba Empat
Prokton and W.M. Thornton. 1983. Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi
Para Manager. Jakarta: Bina Aksara
Purwanto,
M Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan
Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya
Simamora, Henry. 1995. Manajemen
Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE YPKN.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
Rasyid, Mahmunar. 2005. Strategi Pembelajaran
Sejarah Melalui Pendekatan Team Games Tournament dengan Sistem Porlimawih.
Jakarta: Depdiknas
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar