ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui
kemampuan kreatifitas anak melalui metode demonstrasi dengan alat peraga gambar
yang mudah dan menyenangkan. Sumber data adalah anak Kelompok Bermain XXX yang berjumlah 23 anak, dilakukan selama tiga bulan. Data yang
dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran,
kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan yaitu 65% untuk
mengetahui tingkat kreatifitas anak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa
kemampuan kreatifitas anak melalui alat peraga gambar pada prasiklus hanya 4
anak dari 23 anak atau 17,39% . pada siklus I meningkat menjadi 9 anak dari 23
anak atau 39,13%. Tingkat kreatifitas anak meningkat dari prasiklus ke siklus I
bertambah 5 anak. Pada siklus II tingkat kreatifitas anak bertambah 9 sehingga
menjadi 18 anak dari 23 anak atau 78,26%. Gambaran ini menunjukan bahwa anak
terus mengalami peningkatan setelah diterapkan dengan metode ini.Dengan
demikian kemampuan kreatifiktas anak melalui alat peraga gambar pada Kelompok
Bermain XXX mengalami peningkatan yang segnifikan.
Kata kunci : Huruf,
Demonstrasi,Gambar, Sorong.
DAFTAR PUSTAKA
Bahri, Syaiful D. 2005. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan
Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan
Nasional,Dirjen Dikti, Jakarta.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan
Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo
Kartono, Kartini. 1985. Mengenal Dunia
Kanak-kanak. Jakarta: CV Rajawali.
Malik R, dkk. 1986. Jenis Alat Peraga dan
Teknik Penggunaannya. Jakarta:
Kasturi.
Meutia, Andi Candra, dkk. 2003. APE untuk
Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat PAUD Depdiknas.
Oink, Daniel H. 2007. Misteri Otak Kanan
Manusia. Jogjakarta: Think.
Patmonodewo, Soemiarti. 1995. Buku Ajar
Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Depdikbud.
Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang
Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna
Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
Stanrock, JW. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Kencana Media Group.
Stenberg. Robert J. 2008. Psikologi
Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudono, Anggani. 1995. Alat Permainan dan
Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
Suharman. 2005. Psikologi Kognitif.
Surabaya: Srikandi.
Sumantri, M. S. 2005. Model Pengembangan
Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional, Dirjen Dikti.
Syah, Muhibbin. 2003. Psilokolgi Belajar. Jakarta:
Raja Grafindo Persada
Yuliani Nurani Sujiono. 2004. Metode
Pengembangan Kognitif. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar