HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 15 Juli 2016

PTK TK 022 = Pd 919 : Upaya Pengembangan Pengenalan Huruf Abjad Melalui Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Gambar Pada Anak Kelompok Bermain XXX Tahun 2012-2013

ABSTRAK



Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan kreatifitas anak melalui metode demonstrasi dengan alat peraga gambar yang mudah dan menyenangkan. Sumber data adalah anak Kelompok Bermain XXX yang berjumlah 23 anak, dilakukan selama tiga bulan. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran, kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan yaitu 65% untuk mengetahui tingkat kreatifitas anak. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan kreatifitas anak melalui alat peraga gambar pada prasiklus hanya 4 anak dari 23 anak atau 17,39% . pada siklus I meningkat menjadi 9 anak dari 23 anak atau 39,13%. Tingkat kreatifitas anak meningkat dari prasiklus ke siklus I bertambah 5 anak. Pada siklus II tingkat kreatifitas anak bertambah 9 sehingga menjadi 18 anak dari 23 anak atau 78,26%. Gambaran ini menunjukan bahwa anak terus mengalami peningkatan setelah diterapkan dengan metode ini.Dengan demikian kemampuan kreatifiktas anak melalui alat peraga gambar pada Kelompok Bermain XXX mengalami peningkatan yang segnifikan.

Kata kunci : Huruf, Demonstrasi,Gambar, Sorong.





DAFTAR PUSTAKA 

Bahri, Syaiful D. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional,Dirjen Dikti, Jakarta.
Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo
Kartono, Kartini. 1985. Mengenal Dunia Kanak-kanak. Jakarta: CV Rajawali.
Malik R, dkk. 1986. Jenis Alat Peraga dan Teknik Penggunaannya.  Jakarta: Kasturi.
Meutia, Andi Candra, dkk. 2003. APE untuk Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat PAUD Depdiknas.
Oink, Daniel H. 2007. Misteri Otak Kanan Manusia. Jogjakarta: Think.
Patmonodewo, Soemiarti. 1995. Buku Ajar Pendidikan Prasekolah. Jakarta: Depdikbud.
Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
Stanrock, JW. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Group.
Stenberg. Robert J. 2008. Psikologi Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudono, Anggani. 1995. Alat Permainan dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Depdikbud.
Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.
Sumantri, M. S. 2005. Model Pengembangan Ketrampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Dikti.
Syah, Muhibbin. 2003. Psilokolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Yuliani Nurani Sujiono. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.



Buku-buku Reeferensi di atas dapat diperoleh di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar