ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Upaya Pelaksanaan Program
Bimbingan Konseling di Sekolah Binaan Melalui Kolaborasi Peran Kepala Sekolah
dengan Musyawarah Guru Pembimbing (MGP). Bimbingan dan konseling merupakan
salah satu unsur muatan kurikulum yang harus dilaksanakan di sekolah. Visi
bimbingan konseling adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan
melalui tersedianya layanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan
pengentasan masalah agar peserta didik berkembang secara optimal, mandiri, dan
bahagia. Dengan pelayanan yang baik, pemberian bantuan secara optimal, siswa
akan mampu mengatasi masalah yang dihadapi sehingga terwujud proses
pembelajaran yang kondusif dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah.
Dalam kenyataan, pelaksanaan program bimbingan dan
konseling di sekolah belum sesuai dengan yang diharapkan. Dari delapan sekolah
binaan, baru satu sekolah yang melaksanakan program bimbingan dan konseling.
Penulis berupaya agar semua sekolah melaksanakan program bimbingan dan
konseling.
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam
dua sirklus yang melibatkan seluruh kepala sekolah binaan, guru bimbingan
konseling, dan guru lain yang ditugaskan oleh kepala sekolah sebagai guru
pembimbing di sekolah. Penelitian ini diawali dengan pemberian kuisioner kepada
kepala sekolah yang memuat pertanyaan-pertanyaan tentang pelaksanaan bimbingan
konseling di sekolah. Selanjutnya diadakan observasi, wawancara, dan pelatihan
guru pembimbing melalui forum musrawarah guru pembimbing (MGP) dengan
narasumber guru pembimbing di sekolah binaan yang telah mengikuti pendidikan
dan latihan.
Setelah dilakukan penelitian tindakan sekolah, dapat
disimpulkan bahwa program bimbingan sangat penting dan wajib dilaksanakan di
sekolah dan semua sekolah binaan melaksanakan program bimbingan dan konseling,
walaupun tidak memiliki guru berlatar belakang bimbingan konseling.
DAFTAR
PUSTAKA
Dewa
Ketut Sukardi (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di
Sekolah, PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Gerald
Coney (1998). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. PT. Eresco. Jakarta.
ISBN;
Standar Kompetensi Kepala Sekolah (2007). PT. Buku Kita. Jakarta
Prayitno
(2001). Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. PT. Rineka Cipta.
Jakarta.
Prayitni
(2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT. Bineka Cipta. Jakarta.
Sukardi.
Metodologi Penelitian Pendidikan (2003). CV. Bumi Aksara. Jakarta.
Oemar
Ha’malik. Kurikulum dan Pembelajaran (1994). Bumi Aksara. Jakarta.
Zainal
Anib. Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengembangan Profesi Guru (2006). PT. Yrama
Widya. Jakarta.
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar