ABSTRAK
Tujuan dari penulisan Untuk mengurangi jam kosong di
sekolah, mengurangi jumlah guru yang terlambat datang di sekolah, mengurangi
jumlah guru yang terlambat masuk kelas.
Yang dimaksud manajemen RE adalah sebuah konsep
manajemen yang berarti upaya-upaya untuk menciptakan teori atau konsep baru
(Tentunya yang lebih efektif) berkaitan dengan cara mengelola sebuah sekolah
dengan 6 langkah melalui sebuah siklus (cycling). Keenam langkah tersebut
adalah “reorienting, relearning, replanning, redoing, rechecking, dan
re-acting”.
Inti dari manajemen ini adalah bagaimana seorang
kepala sekolah memberdayakan semua aspek yang ada disekolah, untuk dikelola
secara profesional dan total, melalui tahapan-tahapan yang digambarkan melalui
model siklus tersebut. Selain itu bagaimana komponen-komponen yang ada dalam
siklus tersebut dapat disinergikan sehingga pola pengelolaan sekolah yang menurut
penulis bersifat spiralis tidak terjadi “missing link”.
Adapun pola siklus yang penulis tawarkan dimulai dari
pengendalian, perbaikan/peningkatan, pemeliharaan, tindakan, perencanaan,
pemeriksaan dan pelaksanaan. Pengendalian perlu dilakukan terhadap produk
input, proses pengerjaan (KBM) atau implementasi PBM hingga akhir output. Untuk
itu perlu dikembangkan “mentalitas berkwalitas guru” yang melekat pada
pelaku proses (built in quality) dan menerapkan do it right the first time.
Dari hasil yang diperoleh dapat disampaikan disini
bahwa dengan manajemen RE dapat menformat disiplin guru dan berefek pada
disiplin siswa, yang akhirnya akan mewujudkan sekolah yang efektif dan unggul.
Karya Tulis ini diharapkan bukan hanya sebuah tulisan
yang bermimpi besar (dream big) saja, tetapi juga dapat dilakukan dan di
implementasikan mulai dari yang kecil (start from little) yang kemudian melalui
tindakan (do it now).
DAFTAR PUSTAKA
Sudarman
Danim., (2002), Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Pustaka Pelajar Offset,
Bengkulu
Terry
Evans and Daryl Nation, (2000), Changing University Teaching, Reflection on
Creating Educational Technologies, Kogan Page Limited Stylus Publishing Inc.,
London
David
P. Langford., Barbara A. Cleary., (1996), Orchestrating Learning with
Quality, Synergy Books International
Hernowo.,
Chairul Nurdin., (2003), Bu Slim & Pak Bil, Kisah tentang Kiprah Guru
“Multiple Intelligences” di Sekolah, Penerbit Mizan Learning Center,
Bandung
Indra
Djati Sidi., (2001), Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru
Pendidikan, Paramadina dengan Logos Wacana Ilmu, Telaga Kahuripan.
Ibtisam
Abu-Duhou., (2002), School Based Management, Logos Wacana Ilmu, Jakarta,
Logos
Zamroni.,
(2000), Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing
Dedi
Supriadi., (2003), Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Penerbit
PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Jason
Tan., S. Gopinathan., Ho Wah Kam., (1997), Education in Singapore, A book of
Reading, National Institute of Education Nanyang Technological University,
Prentice Hall, Singapore
James
W. Brown., Kenneth D. Norberg., Sara K. Srygley., (1965) Administering
Educational Media - Instructional Technology and Library services, McGraw-Hill
Book Company
Joseph
Murphy., Karen Seashore Louis., (1999), Hand Book of Research on Educational
Administration-A Project of The American Educational Research Association, Jossey-Bass
Publishers
Robert
G. Owens., (1991), Organizational Behavior in Education, Allyn and Bacon
United States of America.
______ (1976), The American Heritage Dictionary, Houghton
Mifflin Company, Boston, New York, London
Sudjana.,
(2004), Manajemen Program Pendidikan-untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan
Sumber Daya Manusia, Falah Production.
Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar