HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 22 Mei 2016

PTK SD 208 = Pd 808 : Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Faciulitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD XXX Tahun 2012/2013




Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V SD XXX. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD XXX. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.. Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan berbicara serta hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas V SD XXX, tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar kemampuan berbicara  65, 74 dengan persensentase ketuntasan sebesar 42,10 %, pada siklus I sebesar 70,94 dengan persentase sebesar 73,68 %, dan pada siklus II sebesar 78 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47 %. Selain itu, kemampuan berbicara siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu yang meliputi: a) Kesesuaian isi dengan topik pembicaraan pada pra tindakan sebesar 47,37% (9 siswa), siklus I 73,6% ( 14 siswa), dan pada siklus II 84,21% ( 16 siswa), b) Ketepatan lafal dan intonasi pada pra tindakan sebesar 31,58% (6 siswa), siklus I 63,16% (12 siswa), dan pada siklus II 78,95% ( 15 siswa), c) Ketepatan siswa dalam mengucapkan pada pra tindakan 36,84% (7 siswa), siklus I 73,68% (14 siswa), dan pada siklus II 84,21% ( 14 siswa), d) Kelancaran siswa dalam mengucapkan pada pra tindakan 57,89% ( 11 siswa), pada siklus I 68,42% ( 13 siswa), dan pada siklus II 78,95% ( 15 siswa), e) Kenyaringan suara pada pra tindakan 57,89% ( 11 siswa), pada siklus I 63,16% (12 siswa), dan pada siklus II 84,21% (16 siswa), f) Sikap dalam berbicara pada pra tindakan 42,11% (8 siswa), pada siklus I 63,16% ( 12 siswa), dan pada siklus II 84,21% ( 16 siswa), g) Penguasaan topik pembicaraan pada pra tindakan 63,16% ( 12 siswa), pada siklus I 63,16 % ( 12 siswa), dan pada siklus II 84,21% (16 siswa).
Kata Kunci : Berbicara, Strategi Student Facilitator and Explaining





DAFTAR PUSTAKA
Arsjad dan Mukti. 1987. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Aziz, Purnomo. 2011. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Melalui Metode Permainan Cerita Berantai Di SD Negeri Brojol I Kecamatan Miri Kabupaten Sragen” (Skripsi S-1 Progdi PGSD). Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muttaqin, Sholehan. 2011. Peranan Pendidik Dalam Membimbing Peserta Didik Disleksia Pada Siswa Kelas III SDN Ngepringan 3 Kecamatan Jenar Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi : UMS( Tidak diterbitkan).
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suwandi. 2010. Model Assesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Wiriaatmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar