HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 09 Mei 2016

PTS 005 : Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMP XXX Melalui In House Training(IHT)



ABSTRAK

Penelitian Tindakan Sekolah  ini dilakukan karena peneliti melihat kenyataan yang ada di lapangan bahwa masih ada beberapa guru yang belum mampu menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal yang dituntut dalam Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Keadaan in dapat dilihat sebagai temuan pada saat pelaksanaan tugas kepengawasan di sekolah binaan.
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah agar guru-guru disalah satu sekolah binaan dapat menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dan sejauh mana in house training dapat meningkatkan kemampuan guru sebagai pendekatan yang digunakan pengawas.
Penelitian tindakan sekolah ini di lakukan di SMP XXX sebagai salah satu sekolah binaan dengan jumlah guru mata pelajaran sebarnyak 13 orang, sedangkan pelaksanaan penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus.
Hasil Penelitian mnunjukkan  adanya peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal dan  in house training efektif sebagai pendekatan yang digunakan untuk menetapkan kriteria ketuntasan minimal karena  guru semakin aktif dan tumbuhnya rasa tanggung jawab untuk menetapkan kriteria ketuntasan minimal pada setiap bidang studi yang diajarkan..


Kata Kunci : Meningkatkan kemampuan, kriteria ketuntasan minimal, in house training.





DAFTAR PUSTAKA


Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia: Bandung
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008. Penetapan KKM Bahan Diskusi TOT BINTEK KTSP.
Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2008. Bahan Bantuan Teknis PTK dan Workshop Pengembangan Kurikulum. Jakarta.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Institut Pertanian Bandung. 2007. Training. http://web.mb.ipb.ac.id/pies/training, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008
Krisnadira. 2008. Publik Training vs Inhouse Training Mana Yang Lebih Efektif. http://www.krisnandira.com/2008/03/14/public-training-vs-inhouse-training-mana-lebih-efektif/, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008
Lembaga Pengembangan Auditor Internal. 2008. Inhouse Training. http://lpauditorinternal.org/index.php, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008
Lestari, Tita. 2000. “Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah”. Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di Bogor.



Buku-buku referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (Klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP. 0856 0196 7147




Tidak ada komentar:

Posting Komentar