ABSTRAK
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan
beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan
hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi jurnal penyesuaian, 2) Untuk mengetahui
pemahaman siswa tentang materi jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindak kelas. Upaya pemecahan asalah dalam penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan tindakan,
(2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan
data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan
cara deskripsi kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan
siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pokok bahasan jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa sebelum tindakan didapat hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas
sebesar 27,9 % atau 12 siswa dan yang dinyatakan belum tuntas sebesar 72,1 %
atau 31 siswa, pada siklus I meningkat yang dinyatakan tuntas sebesar 51,2 %
atau 22 siswa dan 48,8 % attar 21 siswa dinyatakan belum tuntas, dan pada
siklus II juga meningkat menjadi 79,1 % atau 34 siswa dinyatakan tuntas dan
20,9 % atau 9 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan
hasil belajar siswa sebesar 34 siswa atau 79,1 %.
Kata kunci : Metode pembelajaran tutor sebaya meningkatkan
hasil belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman. 2003. Pendidikan
Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian
Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
Darsono, Max dkk. 2000. Pelajar
dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Pers.
Djamarah, Syaiful Bahri dkk.
2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Sinar Grafik.
Kusuma, Arie Yuliska. 2011. Eksperimentasi
Pembelajaran Matematika Dengan model Pembelajaran Jigsaw Dan Tutor Sebaya
Ditinjau Dari Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang (
Pada siswa Kelas VII SMP Al- Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011).UMS.
Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar
Dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Priyogo, Adi. 2011. Penerapan
Strategi Pembelajaran Active Learning Dengan Pendekatan Tutor Sebaya
Berdasarkan Hasil UASBN Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa ( PTK
Pembelajaran Matematika Dikelas VI SDN Banaran 02 Grogol Sukoharjo). Skripsi thesisi.
UMS
Silberman, Mel. 2009. Active
Learning. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Slameto. 2003. Belajar
Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2008. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Uno, Hamzah,B. 2007. Model
Pembelajaran ( Menciptakan Proses Belajar- Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif ).
Jakarta:
Bumi Aksara.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar