ABSTRAK
Penelitian yang bertujuan meningkatkan minat dan
prestasi melalui pembelajaran tematik ini merupakan sebuah Penelitian Tindakan
Kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah peneliti bekerjasama dengan guru
matematika. Subyek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa
kelas III , SD XXX. Tindakan kelas
dilaksanakan dalam tiga putaran. Data diperoleh melalui observasi, catatan
lapangan, tes dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
minat dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun peningkatanya minat adalah sebagai
berikut: 1) sebelum tindakan ada 4 siswa
yang memperhatikan penjelasan guru di kelas (23,53%), setelah tindakan ada 11
siswa (64,70%). 2) sebelum tindakan ada 3 siswa yang bertanya tentang apa yang
belum jelas (17,65%), setelah tindakan ada 8 siswa (47,06%). 3) sebelum tindakan keaktivan siswa
dalam mengemukakan ide ada 3 siswa (17,65%), setelah tindakan 70,59% (12 siswa).
4) sebelum tindakan siswa yang aktif melakukan percobaan ada 5 siswa
(29,41%),setelah tindakan 76,47% ( 13 siswa). 5) Sebelum tindakan siswa yang
mengerjakan soal di depan kelas ada 2 siswa (11,76%), setelah tindakan ada 9
siswa (52,94%).Sedangkan prestasi belajar siswa sebelum tindakan siswa yang
mendapat nilai di atas 70 ada 4 siswa ( 23,53%),setelah tindakan ada 8 siswa
(47,06%).
Kata kunci : Pembelajaran
Tematik,, Minat dan Hasil Belajar
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Eti Rohaeti, Euis. 2004. Pembelajaran Dengan Metode Improve Untuk Meningkatkan Pemahaman dan
Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SLTP. http:||pps.upy.edu/org/abstrakthesis/abstrakmat/abstrakmat
04.html.
Haryati, Dwi. 1997. Metode Drill dan Resitasi dalam Pemahaman Konsep Permutasi, Kombinasi
dan Peluang Kejadian Ditinjau dari Pola Belajar Siswa, Skripsi, Surakarta: UMS (tidak
diterbitkan).
Hujodo, 1998. Cara
Seseorang Memperoleh Pengetahuan dan Implikasinya Pada Pembelajaran Matematika.
http│www. Depdiknas. Go. id
Law, Glover. 2005. Improving Learning, Jakarta:
Grasindo.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber
Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta:
UI-Press.
Moleong, Lexy. 1990. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Tri. 2000. Strategi Pembelajaran (Learning and Teaching Strategy), Yogyakarta:
Fakultas Ilmu Pendidikan Luar Biasa UNY.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi
Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan ). Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Roestiah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran.
Bandung:
Alfabeta.
Sardiman AM. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta:
Rajawali Perss.
Siroj, Rusdy A. 2001. Cara Seseorang Memperoleh
Pengetahuan Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Matematika. http: ||www. depdiknas. go. id.
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar