HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 17 Maret 2016

PTK SMA 104 = Pd 779 : Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) (PTK Pada Siswa Kelas X MAN XXX Tahun Ajaran 2007/2008)

ABSTRAK



            Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam  pembelajaran matematika pokok bahasan trigonometri mencapai daya serap 60%. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X-3 MAN XXX yang berjumlah 36 siswa, dan sebagai subjek pelaksana atau pemberi tindakan adalah peneliti sedang guru matematika dan kepala sekolah sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes tertulis. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi, pemaparan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) pada pokok bahasan trigonometri dapat mencapai daya serap 60%. Hal ini dapat dilihat dari : a) Kemampuan siswa dalam menjelaskan materi kepada siswa lain pada awal putaran 40,6% dan di akhir putaran mencapai 80%, b) Kemampuan siswa dalam mengerjakan latihan soal mandiri pada awal putaran 6,25% dan di akhir putaran mencapai 80%, c) Keaktivan siswa dalam bertanya dan mengeluarkan ide/ gagasan pada awal putaran 25% dan di akhir putaran mencapai 82,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapai daya serap 60%.

Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran berbalik.



DAFTAR PUSTAKA





Abdurrahman, Mulyono. 2003,  Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Amalia, Dwina Rani. 2006. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan  Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Bandung)”. Skripsi. UPI.http://72.14.235.104/search?q=cache:gVDKaghD7UgJ:digilib.upi.edu/pasca/ etd-1123106-110409 (Diakses 4 maret 2008)
Hendriana, Heris. 2006. “Meningkatkan Kemampuan Pengajuan Dan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Pembelajaran Berbalik : Studi eksperimen pada siswa kelas I SMU Negeri 23 Kota Bandung”.  Tesis. UPI.http://digilib.upi.edu/ETDdb/Ebrowse/browse?first_letter=H;browse_by=last_name (Diakses 4 maret 2008)
Herawati, Cucu. 2006. “Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP (Suatu Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 45 Bandung)”. Skripsi. UPI. http://digilib.upi.edu/ETDdb/Ebrowse/browse?first_letter=H;browse_by=last_name  (Diakses 4 maret 2008)
Ibrahim, Muslimin. 2007. “Reciprocal Teaching Sebagai Strategi”    http://www.ncrel.org/sdrs/areas/issues/students/atrisk/at6lk38.htm
(Diakses 4 maret 2008)
Liswati, Elly. 2004. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) pada siswa kelas V SD Negeri 3 Gedong Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2004 / 2005. Skripsi. UMS (tidak diterbitkan)
Martono, Koko, dkk. 2007, Matematika dan kecakapan hidup untuk SMA kelas X jilid 10 B, Jakarta : Ganeca Exact
Noormandiri dan Sucipto. 2004. Buku Pelajaran Matematika Untuk SMU Jilid 1 Kelas 1   Caturwulan 1, 2, 3 : Erlangga: Jakarta
Purnami, Dina. 2005. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Modul Pada Pokok Bahasan Barisan Dan Deret. Skripsi. UMS (tidak diterbitkan)
Rahman, Abdul. 2005. “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Kemampuan Generalisasi Matematik Siswa SMA Melaui Pembelajaran Berbalik ”. Tesis. UPI.http://pages-yourfavorite.com/ppsupi/abstrakmat2005
                   (Diakses 4 maret 2008)
Slameto. 2003, Belajar dan fakto-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
Salam, Burhanuddin. 2004, Cara belajar yang sukses diperguruan tinggi, Jakarta : Rineka Cipta
Suyitno, Amin. 2004. ” Dasar – dasar dan proses pembelajaran matematika ”, Semarang : UNES.



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar