ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan
untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD XXX melalui pembelajaran Tematik pada pokok bahasan operasi hitung
bilangan dan pengukuran.
Penelitian ini dilaksanakan di SD XXX tahun
pembelajaran 2006/2007 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 3 berjumlah 34
siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran Tematik.
Instrumen pengumpulan data berupa tugas, tes hasil belajar dan
observasi. Tugas berupa tugas kelompok dan tugas individu. Tugas kelompok adalah
lembar kegiatan siswa yang dikerjakan di sekolah dan tugas individu adalah
tugas yang dikerjakan di rumah. Tes hasil belajar dilaksanakan setiap akhir
siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Observasi
dilaksanakan pada setiap pertemuan dan selama pembelajaran berlangsung. Siklus
I, II, III, dan IV masing-masing dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan
dengan dua kali pembelajaran dan satu kali tes hasil belajar. Soal tes hasil
belajar pada setiap siklus berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan
statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan grafik. Yang bertindak
sebagai pelaksana pembelajaran adalah peneliti, sedangkan sebagai observator
adalah guru matematika kelas 3 SD XXX.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar
siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dengan menganalisis
data berupa nilai tugas kelompok, nilai tugas individu dan nilai tes akhir
siklus. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar dijadikan sebagai nilai
dasar bagi siklus II, yaitu 55,23 menjadi 60,27 dengan rata-rata poin
peningkatan 17,06 (cukup). Dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan
dari 60,27 menjadi 65,91 dengan poin peningkatan 19,41 (cukup). Demikian juga
dari siklus III ke siklus IV mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai hasil
belajar 65,91 menjadi 75,09 dengan rata-rata poin peningkatan 21,76 (baik). Aktivitas
guru pada siklus I dinilai cukup, siklus II, III dan IV dinilai baik. Sedangkan
aktivitas siswa pada siklus I dinilai kurang, siklus II dinilai cukup, siklus III
dan siklus IV dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
pembelajaran Tematik hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD XXX mengalami peningkatan.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen
Pendidikan Nasional. 2003. Ketentuan Umum
Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Pra Sekolah, Dasar dan Menengah.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen
Pendidikan Nasional. 2003. Ketentuan Umum
Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa SMP.
Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan. 2004. Penyusunan Pembelajaran
Tematik. Magelang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan
Nasional. 2004. Model Silabus Kurikulum Sekolah Dasar Kelas 3, 4, 5 dan 6 Tahun 2004. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan
Nasional. 2004. Pedoman Pembuatan Hasil
Belajar SMP. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. 2002.
Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Dianawati, A. 2006. IPAL (Ilmu Pengetahuan Alam Lengkap) SD.
Jakarta: Kawan Pustaka.
Haryanto. 2004. Sains untuk SD Kelas III. Jakarta:
Erlangga.
Sudjana, N. 2002. Penilaian
Hasil Belajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sukayati, dkk. 2004. Pembelajaran Tematik Di SD Merupakan Terapan
Dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Depdiknas.
Suparno, As. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Sutirjo dan Mamik,S. I.
2005. Tematik, pembelajaran efektif dalam
kurikulum 2004. Malang: Bayumedia.
Suyati dan Khafid,M. 2004.
Matematika SD Kelas III. Jakarta:
Erlangga.
Syamsuddin. 1996. Psikologi
pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Bina Karya Guru. 2004.
Bina Bahasa dan Sastra Indonesia untuk
Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga
Tim Bina Karya Guru. 2004.
Terampil Berhitung Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta:
Erlangga.
Tim Penulis. 2006. Model
Silabus Tematik SD Kelas 3. Jakarta: Grasindo.
Tim PPPG Matematika. 2005. Pembelajaran
Tematika. Yogyakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Ungu, N. K. 2006. Pengajaran
Dengan Metode Tematik Sebagai Upaya Pengintegrasian Nilai-Nilai Iman dan Taqwa.
Magelang: Universitas Tidar Magelang.
Buku-buku referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHM (klik)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi /sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar