HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Selasa, 19 Januari 2016

PTK SD 158 = Pd 675 : Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Pengumpulan Dan Pengelolaan Data Siswa Kelas VI SD XXX Tahun Pelajaran 2004/2005 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah

ABSTRAK



Keberhasilan pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh setiap guru, orang tua murid serta masyarakat. Langkah guru yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga peningkatan keberhasilan belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VI SD XXX Tahun pelajaran 2004/2005 dalam menyelesaikan soal-soal pengumpulan dan pengelolaan data masih rendah. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran, dalam mengikuti pelajaran matematika siswa cenderung mendengarkan informasi dari guru, bahkan banyak siswa yang melakukan aktivitas di luar pelajaran. Selain itu matematika berangkat dari hal-hal yang abstrak, sehingga matematika sulit dicerna dan dipahami siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa kelas VI SD XXX tahun pelajaran 2004/2005?. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa kelas VI SD XXX melalui implementasi model pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian ini dilaksanakan di SD XXX yang beralamat di jalan Pattimura No 35 Kudus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD XXX Tahun Pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 16 orang terdiri dari 5 siswa putra dan 11 siswa putri, seorang guru kelas VI dan seorang observer. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Data yang diambil berupa data hasil belajar, hasil observasi guru dan siswa serta hasil analisis angket siswa terhadap pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,06 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah adalah 29. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,56 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 42. Hasil observasi terhadap guru menunjukkan pada siklus I guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan belum dapat mengelola waktu dengan baik. Namun pada siklus II proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan guru dapat mengelola waktu dengan baik.
Simpulan yang dapat diambil adalah implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa kelas VI SD XXX tahun pelajaran 2004/2005. Untuk itu disarankan kepada guru matematika agar menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.





DAFTAR PUSTAKA


Abdurrachman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta
Herman, Hodojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika (common texbook). Malang:Jurusan Pendidikan Matematika, Fakulas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Buku Ajar Mahasiswa). Surabaya:Universitas Surabaya-University Press
Ismail. 2000. Pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Surabaya:Departemen Pendidikan Nasional.
Khafid, M, Suyati. 2003. Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung. Jakarta:Erlangga
Mukti, Aji, Listiastutik. 2003. Matematika Kelas 6 SD. Klaten:Intan Pariwara Rooijakers, Ad.1991. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta:PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia)
Sudjadi, R.2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya:Direktorat jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan nasional.
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.. Bandung:Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia
Umaedi, M. 1999. Penelitian Tindakan (Action Research). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum



Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147





Tidak ada komentar:

Posting Komentar