ABSTRAK
Keberhasilan
pembelajaran di sekolah merupakan hal yang sangat diharapkan oleh setiap guru,
orang tua murid serta masyarakat. Langkah guru yang tepat dalam menyampaikan
materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan, sehingga
peningkatan keberhasilan belajar siswa dapat tercapai. Penelitian ini
dilaksanakan dengan alasan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VI SD XXX Tahun pelajaran 2004/2005 dalam menyelesaikan
soal-soal pengumpulan dan pengelolaan data masih rendah. Hal ini disebabkan
selama proses pembelajaran, dalam mengikuti pelajaran matematika siswa
cenderung mendengarkan informasi dari guru, bahkan banyak siswa yang melakukan
aktivitas di luar pelajaran. Selain itu matematika berangkat dari hal-hal yang
abstrak, sehingga matematika sulit dicerna dan dipahami siswa.
Permasalahan dalam
penelitian ini adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran berbasis
masalah dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan
pengelolaan data siswa kelas VI SD XXX tahun pelajaran
2004/2005?. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa
kelas VI SD XXX melalui implementasi model pembelajaran
berbasis masalah.
Penelitian ini
dilaksanakan di SD XXX yang beralamat di jalan Pattimura
No 35 Kudus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD XXX Tahun Pelajaran 2004/2005 yang berjumlah 16 orang terdiri dari 5
siswa putra dan 11 siswa putri, seorang guru kelas VI dan seorang observer.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu
perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Data yang diambil berupa
data hasil belajar, hasil observasi guru dan siswa serta hasil analisis angket
siswa terhadap pembelajaran.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,06
dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah adalah 29. Sedangkan pada siklus
II, rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,56 dengan nilai tertinggi 100 dan
nilai terendah 42. Hasil observasi terhadap guru menunjukkan pada siklus I guru
belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan belum dapat
mengelola waktu dengan baik. Namun pada siklus II proses pembelajaran dapat
berlangsung dengan efektif dan guru dapat mengelola waktu dengan baik.
Simpulan yang
dapat diambil adalah implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat
meningkatkan hasil belajar pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data siswa
kelas VI SD XXX tahun pelajaran 2004/2005. Untuk itu
disarankan kepada guru matematika agar menerapkan model pembelajaran berbasis
masalah pada pokok bahasan pengumpulan dan pengelolaan data yang dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrachman,
Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar. Jakarta:PT Rineka Cipta
Herman,
Hodojo. 2001. Pengembangan Kurikulum dan
Pembelajaran Matematika (common texbook). Malang:Jurusan Pendidikan Matematika,
Fakulas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang
Ibrahim,
Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan
Masalah (Buku Ajar Mahasiswa). Surabaya:Universitas Surabaya-University
Press
Ismail. 2000.
Pembelajaran berdasarkan masalah (Problem
Based Instruction). Surabaya:Departemen Pendidikan Nasional.
Khafid, M,
Suyati. 2003. Pelajaran Matematika
Penekanan Pada Berhitung. Jakarta:Erlangga
Mukti, Aji,
Listiastutik. 2003. Matematika Kelas 6 SD.
Klaten:Intan Pariwara Rooijakers, Ad.1991. Mengajar
Dengan Sukses. Jakarta:PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia)
Sudjadi,
R.2000. Kiat Pendidikan Matematika di
Indonesia. Surabaya:Direktorat jendral Pendidikan Tinggi. Departemen
Pendidikan nasional.
Sudjana,
Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya
Suherman,
Erman. 2003. Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer.. Bandung:Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas
Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia
Umaedi, M.
1999. Penelitian Tindakan (Action
Research). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dirjen Pendidikan Dasar
dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar