ABSTRAK
Peningkatan
Membedakan Perbuatan Benar dan Salah Perlu Ditingkatkan,oleh karena itu
pembelajaran harus menarik dan menyenagkan. Salah satu untuk meningkatkan
kemampuan membedakan perbuatan benar dan salah adalah melalui metode bercerita
dengan menggunakan wayang kardus.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membedakan perbuatan benar
dan salah, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas , sedangkan
subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi I Puluhan, semester
II tahun ajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Pertiwi I
Puluhan adalah 9 anak. Penelitian ini bersifat kalaboratif antara peneliti yang
merangkap sebagai kepala sekolah dan guru kelas.Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara,
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan membedakan perbuatan benar dan
salah melalui metode bercerita dengan menggunakan wayang kardus. Peningkatan
pada siklus I sebesar 15,28%, peningkatan siklus II sebesar 14,36%, dan siklus
III sebesar 10,19%. Untuk peningkatan kemampuan membedakan perbuatan benar dan
salah melalui bercerita dengan menggunakan wayang kardus juga didukung
indicator yaitu mampu menunjukkan perilaku yang benar, memahami perbuatan benar
dan salah , mampu menyebutkan perilaku yang benar dan salah. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah bercerita dengan menggunakan wayang kardus dapat
meningkatkan membedakan perbuatan benar dan salah.
Kata Kunci :
membedakan benar salah, cerita wayang kardus.
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsini.2006. Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini dkk. 2008. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta Balitbang Diknas. 1999. Pusat
Kurikulum tersaji dalam http//remenmaos.blogspot.com.diakses November 2010
Dhieni Priono Kusumo. 2005. Seni Bercerita.
Jakarta. Rineka Cipta Kusumo Priono. 2005. Terampil Mendongeng,Grasindo
Maryadi,dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP.
Surakarta : Bp-FKIPUMS
Masiroh.2004. Materi Pokok Strategi Pembelajaran
TK. Jakarta. Universitas Terbuka.
Mustofa dan Musbikin. 2001. Teknik-teknik
Bercerita. Jakarta. CV.Erlangga.
Sjarkawi.2005. Pembentukan Kepribadian Anak.
Jakarta. Bumi Aksara.
Sudarmaji,dkk.1992. Teknik Bercerita.
Yogyakarta : ARPADO.
Zaenal Fanani, 2002. Manajemen dan Kurikulum 100
jam.
Untuk pesan buku-buku pustaka di atas silahkan klik link ini TOKO BUKU RAHMA
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar