HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Jumat, 04 Desember 2015

PTK TK 012 = Pd 836 : Meningkatkan Kemampuan Membedakan Perbuatan Benar dan Salah Melalui Metode Bercerita Menggunakan Wayang Kardus Pada Kelompok B Di TK XXX



ABSTRAK
Peningkatan Membedakan Perbuatan Benar dan Salah Perlu Ditingkatkan,oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenagkan. Salah satu untuk meningkatkan kemampuan membedakan perbuatan benar dan salah adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan wayang kardus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membedakan perbuatan benar dan salah, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas , sedangkan subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi I Puluhan, semester II tahun ajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Pertiwi I Puluhan adalah 9 anak. Penelitian ini bersifat kalaboratif antara peneliti yang merangkap sebagai kepala sekolah dan guru kelas.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan membedakan perbuatan benar dan salah melalui metode bercerita dengan menggunakan wayang kardus. Peningkatan pada siklus I sebesar 15,28%, peningkatan siklus II sebesar 14,36%, dan siklus III sebesar 10,19%. Untuk peningkatan kemampuan membedakan perbuatan benar dan salah melalui bercerita dengan menggunakan wayang kardus juga didukung indicator yaitu mampu menunjukkan perilaku yang benar, memahami perbuatan benar dan salah , mampu menyebutkan perilaku yang benar dan salah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bercerita dengan menggunakan wayang kardus dapat meningkatkan membedakan perbuatan benar dan salah.

Kata Kunci : membedakan benar salah, cerita wayang kardus.





DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini.2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsini dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta Balitbang Diknas. 1999. Pusat Kurikulum tersaji dalam http//remenmaos.blogspot.com.diakses November 2010
Dhieni Priono Kusumo. 2005. Seni Bercerita. Jakarta. Rineka Cipta Kusumo Priono. 2005. Terampil Mendongeng,Grasindo
Maryadi,dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta : Bp-FKIPUMS
Masiroh.2004. Materi Pokok Strategi Pembelajaran TK. Jakarta. Universitas Terbuka.
Mustofa dan Musbikin. 2001. Teknik-teknik Bercerita. Jakarta. CV.Erlangga.
Sjarkawi.2005. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta. Bumi Aksara.
Sudarmaji,dkk.1992. Teknik Bercerita. Yogyakarta : ARPADO.
Zaenal Fanani, 2002. Manajemen dan Kurikulum 100 jam.


Untuk pesan buku-buku pustaka di atas silahkan klik link ini TOKO BUKU RAHMA 


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 0856 0196 7147


Tidak ada komentar:

Posting Komentar