______, 2007,
“Penerapan Model Pembelajaran Contextual
Teaching
and
Learning
untuk
Meningkatkan
Hasil
Belajar Siswa kelas VIII I SMP Negeri XXX dalam Pokok Bahasan Pythagoras”.
Keberhasilan pembelajaran matematika
dijenjang Sekolah
Menengah
Pertama (SMP)
menjadi harapan
semua pihak.
Dengan
keberhasilan sistem
pembelajaran matematika akan menjadi dasar bagi terbangunnya keilmuan sains dan teknologi pada khususnya dan
keilmuan bidang lainnya.
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru pengajar matematika di SMP Negeri 1 Adiwerna
Kabupaten
Tegal dalam pokok bahasan Pythagoras belum mencapai batas tuntas sekolah, permasalahannya adalah rendahnya
siswa
dalam memahami materi Pythagoras
juga
pendekatan pembelajaran yang digunakan guru
kurang
menarik. Peserta didik
tidak
diperkenalkan dengan lingkungan sekitar
yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena
itu maka
peneliti mengambil judul “Penerapan Model Pembelajaran
Contextual
Teaching and Learning untuk Meningkatkan
Hasil
Belajar
Siswa
kelas
VIII
I
SMP Negeri
XXX
dalam
Pokok
Bahasan
Pythagoras,
yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa.
Dan
manfaat yang diharapkan dari penelitian ini mendorong dan membantu siswa dalam memahami materi
dan menyelesaikan soal-soal
Pythagoras.
Metode
penelitian
tindakan
kelas
ini
dilaksanakan dalam 3 siklus.
Setiap
siklus terdapat empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan tindakan kelas dalam
pokok bahasana
Pythagoras melalui Contextual Teaching and Learning kelas VIII
I meningkat pada siklus I siswa yang tuntas belajar 28 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 72,88. pada siklus II yang tuntas belajar 31 siswa (77,50%), dengan nilai
rata-rata 74,50
dan
siklus
III
yang
tuntas
belajar
36 siswa (90%) dengan
nilai rata-rata 78,00. dari siklus I ke siklus berikutnya ternyata
ada kemajuan meskipun
tuntas belajar tidak mencapai 100%. Tetapi jika dilihat
dari
nilai
rata-rata
kelas
guru mata pelajaran tahun
lalu
dengan
rata-rata kelas
pada
penelitian ada peningkatan, yaitu dari rata-rata 65,10 menjadi 78,00.
Dari
penelitian
ini
yang
diperoleh
maka dapat diambil
kesimpulan
bahwa
dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning pemahaman
dan hasil
belajar
siswa
pada
materi Pythagoras dapat ditingkatkan.
Bagi
guru
disarankan agar menggunakan
pendekatan
Contextual
Teaching
and
Learning
dalam pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Adinawan,
M. Cholik.
2005. Seribu Pena Matematika SMP. Jakarta
: Erlangga.
Depdinas. 2002. Pendekatan Kontektual. Jakarta
: Direktorat
jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah
Depdiknas.
2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika. Jakarta :
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar
dan Menengah
Depdikbud. 2004. Kurikulum 2004 Kerangka Dasar.
Depdikbud.
Depdikbud. 2004. Pengantar Pembelajaran Kontektual Kurikulum 2004. Depdikbud.
Depdikbud. 2004. Pelajaran Matematika Berdasarkan KBK
dengan Pendekatan Kontektual.
Jakarta :
Direktorat Jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Amin. 2006. Pemilihan Model-model Pembelajaran dan
Penerapannya di Sekolah.
Semarang : UNNES.
Suyitno, Amin. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas untuk menyusun
skripsi
(Petunjuk Praktis). Semarang : UNNES.
Tazudin, dkk. 2005. Matematika Kontekstual
Kelas
VIII. Jakarta : Literatur Media Sukses.
Tim Prelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Jakarta
: Dirjen
Dikti –
Proyek PGSMUntuk Mendapatkan File Lengkap silahkan Hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar