HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Senin, 23 November 2015

Pd 710 = PTK SMP 171 : Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas VIII I SMP Negeri XXX dalam Pokok Bahasan Pythagoras



______,   2007,   Penerapan   Model Pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  untuk  Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa kelas VIII I SMP Negeri XXX dalam Pokok Bahasan Pythagoras”.
Keberhasilan   pembelajaran   matematika   dijenjang   Sekolah   Menengah Pertama   (SMP)   menjadi   harapan   semua   pihak.   Dengan   keberhasilan   sistem pembelajaran matematika akan menjadi dasar bagi terbangunnya keilmuan sains dan teknologi pada khususnya dan keilmuan bidang lainnya.
Berdasarkan  pengamatan  dan  pengalaman  guru  pengajar  matematika  di SMP  Negeri  1  Adiwerna  Kabupaten  Tegal  dalam  pokok  bahasan  Pythagoras belum mencapai  batas  tuntas  sekolah,  permasalahannya  adalah  rendahnya  siswa dalam   memahami   materi   Pythagoras   juga   pendekatan   pembelajaran   yang digunakan   guru   kurang   menarik.   Peserta   didik   tidak   diperkenalkan   dengan lingkungan sekitar yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Oleh karena itu  maka  peneliti  mengambil  judul  “Penerapan  Model  Pembelajaran  Contextual Teaching  and  Learning  untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  kelas  VIII  I SMP  Negeri  XXX   dalam  Pokok  Bahasan  Pythagoras, yang  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa.  Dan  manfaat  yang diharapkan dari penelitian ini mendorong dan membantu siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal Pythagoras.
Metode  penelitian  tindakan  kelas  ini  dilaksanakan  dalam  3  siklus.  Setiap siklus terdapat empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Hasil  belajar  yang  diperoleh  setelah  dilakukan  tindakan  kelas  dalam
pokok bahasana Pythagoras melalui Contextual Teaching and Learning kelas VIII
I meningkat pada siklus I siswa yang tuntas belajar 28 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 72,88. pada siklus II yang tuntas belajar 31 siswa (77,50%), dengan nilai rata-rata  74,50  dan  siklus  III  yang  tuntas  belajar   36  siswa  (90%)  dengan  nilai rata-rata 78,00. dari siklus I ke siklus berikutnya ternyata ada kemajuan meskipun tuntas  belajar  tidak  mencapai  100%.  Tetapi  jika  dilihat  dari  nilai  rata-rata  kelas guru   mata   pelajaran   tahun   lalu   dengan   rata-rata   kelas   pada   penelitian   ada peningkatan, yaitu dari rata-rata 65,10 menjadi 78,00.
Dari  penelitian  ini  yang  diperoleh  maka  dapat  diambil  kesimpulan  bahwa dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning   pemahaman dan  hasil  belajar  siswa  pada  materi  Pythagoras  dapat  ditingkatkan.  Bagi  guru disarankan  agar  menggunakan  pendekatan  Contextual  Teaching  and  Learning dalam pembelajaran.



DAFTAR PUSTAKA



Adinawan,  M.  Cholik.  2005.  Seribu  Pena  Matematika  SMP.  Jakarta  : Erlangga.
Depdinas.  2002.  Pendekatan  Kontektual.  Jakarta  :  Direktorat  jenderal
Pendidikan Dasar dan Menengah
Depdiknas.  2004.  Materi  Pelatihan  Terintegrasi  Matematika.  Jakarta  : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Depdikbud. 2004. Kurikulum 2004 Kerangka Dasar. Depdikbud.
Depdikbud. 2004. Pengantar Pembelajaran Kontektual Kurikulum 2004. Depdikbud.
Depdikbud.   2004.   Pelajaran   Matematika   Berdasarkan   KBK   dengan Pendekatan  Kontektual.  Jakarta  :  Direktorat  Jenderal  Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno,     Amin.    2006.     Pemilihan      Model-model    Pembelajaran    dan
Penerapannya di Sekolah. Semarang : UNNES.
Suyitno, Amin. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk menyusun skripsi
(Petunjuk Praktis). Semarang : UNNES.
Tazudin,   dkk.   2005.   Matematika   Kontekstual   Kelas   VIII.   Jakarta   : Literatur Media Sukses.
Tim Prelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research). Jakarta : Dirjen Dikti Proyek PGSM

Untuk Mendapatkan File Lengkap silahkan Hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar