ABSTRAK
Model
pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan
agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat
tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Model pembelajaran CTL merupakan
model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model pembelajaran dengan CTL mempunyai tujuh komponen,
yaitu: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan,
Refleksi, penilaian yang sebenarnya.
Permasalahan
dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VIIID SMP N XXX pada materi pokok lingkaran dengan menggunakan model
pembelajaran CTL.
Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran dengan
model pembelajaran CTL. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D beserta
guru matematika SMPN XXX tahun pelajaran 2006/2007.
Penelitian
ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap
akhir siklus diadakan evaluasi. Tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.
Pelaksanaan
penelitian dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada siklus I mencapai 76,07 dan ketuntasan hasil belajarnya
80,95%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,29
dan ketuntasan hasil belajarnya 92,86%. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan
pertama mencapai 70,83% dan pertemuan kedua mencapai 75%, sedangkan pada siklus
II pertemuan pertama adalah 77,08% dan pertemuan kedua adalah 81,25%.
Berdasarkan
hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika.
Saran
yang disampaikan adalah hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran
matematika menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang
disampaikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model
pembelajaran adalah model pembelajaran CTL.
DAFTAR PUSTAKA
Amin
Suyitno. 2006, Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP/Mts, Semarang,
Universitas Negeri Semarang.Direktur Pendidikan Lanjutan Pertama. 2002, Pendekatan
Kontekstual, Departemen Pendidikan Nasional.
Barnet
Rich. 2001, Geometri Belajar Super Cepat, Harmein Irzam, 2005, tanpa
kota, Erlangga.
Dimyati,
Mudjiono. 2002, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta Jakarta. Direktur
Pendidikan Lanjutan Pertama. 2002, Pendekatan Kontekstual, Departemen Pendidikan
Nasional.
H. Eman Suherman,Turmudi, Didi Suryadi, Tatang
Herman, Suhendra, Sufyani Prabawanto, Nurjanah, Ade. Rohayati. 2003, Strategi
Pembelajara Barnet Rich 2001, Geometri Belajar Super Cepat, Harmein
Irzam, 2005, tanpa kota, Erlangga.
Herman
Hudoyo. 2003, Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran
Matematika,
Malang,
Fakultas Mipa Universitas Negeri Malang.
Muhamad
Nur. 2000, Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan
Kontruktivis
Dalam Pengajaran, Surabaya,
Unesa- University Press.
Paul.Suparno. 1997; Filsafat
Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta, kanisius.Nur Muhamad. 2000, Pengajaran
Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis Dalam Pengajaran, Surabaya,
Unesa- University Press.
Sri.
Wardhani. 2002, Pembelajaran Matematika Yang Kontekstual, Makalah
disampaikan dalam Diklat TOT Matematika untuk guru swasta, Yogyakarta, 1-12
Agustus.
Untuk Mendapatkan File Lengkap Silahkan Hubungi / sms ke HP 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar