HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Minggu, 04 Mei 2014

PTK SD 192 : Penggunaan Metode Bermain Jawaban (Card Sort) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pkn Kelas V Sdn xxxTahun 2008/2009

ABSTRAK



Penelitian ini dilatar belakangi karena Pendidikan kewarganegaraan di tingkat Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam memahami kaidah pendidikan kewarganegaraan, serta memberi bekal kemampuan untuk mengikuti pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Bermain Jawaban (Card Sort) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PKn Siswa  Kelas V SD xxx Tahun 2008/2009? Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dibantu kolaborator penelitian yakni guru kelas V untuk membantu mengumpulkan data. Subjek penelitian ini adalah siswa laki-laki dan perempuan kelas V SD xxx. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus / siklus terdiri dari tahapan 1) perencanaan, 2) pelaksanan/tindakan, 3) Pengamatan dan Hasil Pengamatan Tindakan dan Refleksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran dengan metode Bermain Jawaban (Card Sort) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adapun keaktifan siswa adalah keaktifan dalam mencari pasangan sebanyak 100% atau 16 siswa, dan  kerjasama kelompok yang mencapai 69,4 % atau 11 siswa, dan keaktifan dalam mengemukakan jawaban sebanyak 41,6% atau sebanyak 5 orang, menjelaskan pokok bahasan setiap siswa pemegang kartu membacakan kartunya, yaitu 100% dari jumlah siswa 16 orang. Dan bertanya sebanyak 50 % atau 8  orang siswa. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran materi pelaksanaan demokrasi meningkat dari kondisi awal dari 11,11% yang aktif bertanya dan mampu menjawab setiap ada pertanyaan dan pada putaran I sebanyak 60,00% siswa, pada putaran II sebanyak 12 atau 72,22% siswa.

Kata Kunci : Bermain jawaban, keaktifan, proses belajar




DAFTAR PUSTAKA



Alim, Muhammad. 2001. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia Dalam Konstitusi Mandinah Dan Undang-undang 1945. Yogyakarta: UII
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi      Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ja-karta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
International Commision Of Jurits. 2009 Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas ( http://id.wikipedia.org/wiki/demokrasi.)  (Diakses pada 02 Februari 2009 Pukul 22.30 WIB)
Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyoasih. 2007. Penerapan Guided Note Taking Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Pelajaran 2006/2007) (Skripsi S-1). Surakarta: FKIP. UMS.
Nawawi, Hadari dan M. Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosi-al. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pasaribu dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bamdung: Transitu.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gra-findo Persada.
Silberman, Mel. 1996. Active Lerning. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani
Sudjana, Nana. 1988. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suryabrata, Sumadi. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suwandi, Sarwiji dan Madyo Ekosusilo. 2007. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.1990. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun Silabus PKn. 2006. Silabus PKn Tingkat SMP. Pacitan: MGMP PKn


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147

Tidak ada komentar:

Posting Komentar