ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
yang menggunakan strategi The Power of Two dengan strategi
Questions Students Have Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ekosistem kelas VII SMP N XXX tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP Negeri XXX
semester 1, yang terdiri dari 8
kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 3
kelas yaitu kelas VII E dan VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D
sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis Non Parametrik
yaitu Kruskal Wallis test sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis
yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian
untuk a=5% dapat
disimpulkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi
pembelajaran dengan strategi The Power of
Two dan strategi Questions Students
Have pada pokok bahasan ekosistem
dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,021. Dari hasil
belajar yang diperoleh strategi The Power
of Two lebih baik dibandingkan strategi Questions
Students Have yaitu 79,062 > 72,656.
Kata kunci: Hasil belajar, The Power of Two, Questions Students Have
DAFTAR
PUSTAKA
Bagod Sudjadi dan Siti Laila. 2007. Biologi
SMA/MA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Conny Semiawan. 1992. Pendekatan Ketrampilan
Proses. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dasim Budimansyah. 2002. Modal
Pembelajaran dan Penilaian. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
E. Mulyana. 2005. Menjadi Guru
Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Hasibuan dan Moedjiono. 1995. Proses
Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Hisyam Zaini, dkk. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.
Ibrahim. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. http://id.wikipedia.org./wiki/ (diakses tanggal 12 September 2010).
Komaruddin Hidayat. 2001. Active
Learning. Yogyakarta : Yappendis.
Maryam Sudjoko. 1985. Pengajaran
Biologi Secara Individual. Jakarta: UI Press.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004.
Jakarta : Gramedia Widia.
Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : Bumi Angkasa.
________________. 2003. Psikologi
Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Roestiyah N. K. 2001. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina.
2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa
Media.
Sugiyono. 2010. Statistik Nonparametrik. Bandung : CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur
Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
________________. 2001. Prosedur
Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur
Penilaian Suatu Pendekatan Proses. Jakarta : Bumi Angkasa.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
________________.2006. Dasar-Dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung :
Sinar Baru Algensindo.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan
Makna Pembelajaran. Bandung : PT. ALFA Beta.
Syamsuri, Istamar. 2007. IPA
Biologi untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Buku-buku Referensi diatas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK) Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar