ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan mendiskripsikan peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Student Facilitator
and Explaining. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas
VII A, yang dilaksanakan dalam 2 putaran. Subyek penelitian ini adalah guru kelas VII A SMP Negeri xxx sebagai pemberi tindakan, serta
siswa kelas VIIA yang berjumlah 30 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data adalah
observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif
kualitatif memakai metode alur yang terdiri dari: 1) reduksi data; 2) penyajian
data; 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika Hal ini dapat dilihat
dari motivasi siswa dalam 1) Antusiasme siswa dalam menjawab dan mengajukan pertanyaan sebelum melakukan tindakan 26,7% putaran 1 meningkat 36,7%, putaran 2 meningkat menjadi 66,7%; 2) Antusisme siswa dalam mengemukakan
pendapat/ide sebelum melakukan tindakan 6,7% pertemuan 1 meningkat
menjadi 30%, pertemuan 2 meningkat menjadi 50% dan 3) Antusiasme siswa dalam
mempresentasikan hasil pekerjaan sebelum tindakan 10%, pertemuan 1 meningkat menjadi 50%, pertemuan 2 meningkat menjadi 76,7%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan motivasi
siswa dalam pembelajaran matematika.
Kata kunci: motivasi
belajar, Student Facilitator and
Explaining.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwoto. 1999. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Surakarta: UNS Press.
Moleong, Lexy. 1990. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Kelas VII untuk SMP dan MTS:
Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Sari, Diah
Rosi Kartika. 2006. ”Peningkatan Motivasi
dan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan
Pendekatan Montessori”. Surakarta: Skripsi FKIP-UMS (Tidak Dipublikasikan)
Yhosinta, Fitri. 2010. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Pada Luas Dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang
Melalui Pendekatan Student Facilitator And Explaining”. Surakarta: Skripsi
FKIP-UMS (Tidak Dipublikasikan)
Sugiono. 2005. Metode
Pembelajaran Administrasi. Bandung: Alfa Beta
_______. 2008. Memahami
Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfa Beta
Surapranata,
Sumarna. 2004. Validitas, Reliabilitas
dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya
Uno, Hamzah B. 2007. Model
Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
_______________.
2006. Teori Motivasi & Pengukurannya, Analisis Dibidang Pendidikan.
Jakarta : PT Bumi Aksara
Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Yamin, Martinis. 2007. Kiat Membelajarkan
Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. 2008. Memahami
Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus.
2009. Cooperative Learning: Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Miles, B. M dan A. Michael
Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI-Press
Jumali, M.,
Surtikanti, Taurat Aly dan Sundari. 2004. Landasan
Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta Press.
http://www.google.co.id/search?client=firefoxpembelajaranpendek
atan Student
Facilitator and Explaining.Diakses tanggal 16 Februari 2012
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar