ABSTRAK
Permasalahan yang terjadi di
SD N XXX yaitu rendahnya hasil
belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Problem Based
Learning (PBL) pada kelas V SD N XXX tahun
pelajaran 2011/2012.
Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa
kelas V SD N XXX yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 10
laki-laki dan dan 13 perempuan. Subjek pemberi tindakan adalah peneliti sebagai
guru. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumen,
dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan
teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber.
Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang
dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Data awal
berdasarkan nilai ulangan semester ganjil tahun
pelajaran 2011/2012, didapat nilai ³ 60 sesuai KKM adalah 4 siswa dari 23 siswa
atau 17%, sedangkan yang belum tuntas
sebanyak 19 siswa atau 83%. Hasil
penelitian siklus I terjadi peningkatan dari 17% menjadi 52% ( ada
peningkatan hasil belajar sebesar 35 % ). Pada siklus II hasil belajar yang
dicapai sebesar 78% ( ada peningkatan hasil belajar sebesar 26% dari siklus I).
Berdasarkan kriteria yang ditetapkan 75 % maka penelitian ini dikatakan
berhasil. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika.
Kata
kunci : hasil belajar matematika,
PBL (Problem Based Learning).
DAFTAR PUSTAKA
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Buma Aksara.
Herawati dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru.
Malang: Bayu Media.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah
Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusumajati, Mustika.
2011, Peningkatan Hasil Belajar
Himpunan Dengan Metode Planning For
Learning Based Of Instruction (PTK SMP IP AL Madinah Boyolali Kelas VII).
Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan).
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia.
Maryadi, Nining dkk. 2010. Pedoman
Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta: FKIP UMS.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Grasindo.
Purnami, Dina Purnami. 2005. Peningkatan
Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Modul Pada Pokok Bahasan Barisan Dan
Deret(PTK Pembelajaran Matematika Kelas 1 SMA N 1 Ngemplak Th 2004/2005)”.
Surakarta: Skipsi UMS(tidak diterbitkan).
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Rubiyanto, Rubino. 2009. Metode
Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika
Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Samino &
Marsudi,S. 2011. Layanan Bimbingan
Belajar Pedoman Bagi Pendidik dan Calon
Pendidik. Surakarta: Fairuz Media.
Sardiman. 2009. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar.
Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Septikasari , Wheni. 2011. Upaya
Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Pertanyaan
Inovatif (PTK di SMP Selogiri Tahun
Ajaran 2010/2011. Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan)..
Subini, Nini. 2011.
Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.
Jogjakarta: Javalitera.
Sugiyono. 2010. Metode Pelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif
Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyuningsih, Dany. 2009. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitasan
Siswa(PTK Pembelajaran Matematika Kelas
V SDN blulukan). Surakarta: Skipsi UMS (tidak diterbitkan).
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006.
Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
(http://arifinmuslim.wordpress.com/2010/03/27/hakikat-matematika-dan-pembelajaran-matematika-di-sd),
diakses pada 8 November 2011.
(http://blog.unsri.ac.id/widyastuti/pendidikan/pendekatan-pembelajaran-berbasis-masalah-problem-based-learning), diakses pada 6 November 2011.
(http://menatap-ilmu.blogspot.com/2011/07/pengertian-tujuan-dan-proses-belajar.html),
diakses pada 19 Desember 2011.
(http://p4mristkippgrisda.wordpress.com/2011/05/15/kurikulum-matematika-sd),
diakses pada 22 November 2011.
(http://sobatbaru.blogspot.com/2008/10/pengertian-fasilitas-belajar.html),
diakses pada 22 November 2011.
(http://www.scribd.com/doc/49817559/13/mengenai-ruang-lingkup-fasilitas
belajar), diakses pada 22 November 2011.
(http://www.sekolahdasar.net/2011/10/aktivitas-belajar-siswa-dalam.html),diakses
pada 1Desember 2011.
(http://www.sekolahdasar.net/2011/07/pembelajaran-matematika-di
sekolah.html), diakses pada 8 November 2011.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar