Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Index Card Match Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas
V SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010.
Rumuskan masalah dalam penelitian ini adalah
rendahnya Motivasi dan hasil belajar dalam
mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah pendekatan pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas VI sebagai guru
mitra. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan
siswa kelas V SD Negeri xxx.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah angket dan lembar observasi. Prosedur dalam penelitian
terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Penelitian proses pembelajaran untuk mengetahui aspek motivasi
belajar siswa, cara pemecahan masalah, dan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran
Kooperatif index card match tepat rencana sehingga
meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN xxx; (data motivasi siswa, Siklus I 48,5% Siklus
II 77,5% Siklus III 89,1%. Dan hasil belajar Siklus I 65,5% Siklus II 72,25% Siklus III 78,5%.
Kata Kunci : Index Card Match, Motivasi dan Hasil belajar
DAFTAR
PUSTAKA
Abdurrahman M. 1997. Peranan Suasana Belajar
Koperatif dan Kompetitif dalam Peningkatan Hasil Belajar. Jakarta : Lembaga
Penelitian IKIP.
Arikunto Suharsimi. 2000. Manajemen Pendidikan.
Jakarta : Rineka Cipta.
Anita Lie, 2002. Cooperative Learning Mempraktekan
Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widyasarana
Indonesia.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi
Kelas V. Jakarta: Depdiknas.
Crow D dan Crow A. 1984. Psikologi Pendidikan. (Terjemahan
Casiden Z. Education Psychology) Surabaya : PT Bina Ilmu.
Depdikbud. 1995/1996. Program Pengajaran IPS kelas
V. Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Dimiyati dan Mudjiono.
1999. Belajar Pembelajaran. Jakarta :
Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne el et. 1984. Essentials of Learning
for Instructions. Englewood : Cliffs, New Jersy : Printice Hall, Inc.
Hamalik Oemar. 2007. Proses belajar
Mengajar. Jakartaa : Bumi Aksara
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani,
2004. Strategi Pembelajaran Aktif (Center of Teaching Staff Develompent).
Yogyakarta : IAIN Sunan Kalikaga.
Lexy
J. Moeleong. 2007.Metodologi Penelitian
Kuantitatif. Bandung.PT Remaja Rosdakarya
Moekijat. 2001. Dasar-dasar Motivasi. Bandung
: Pioner Jaya.
Mohamad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.
Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung
: Remaja Rosdakarya.
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru.
Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
PP-19-2005-standar-nasional-pendidikan.wpdl. Tentang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun
2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rochiati Wiraatmadja. 1997. Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta : Rajawali.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin. R.E (1997). Cooperative
Learning-Theory Research, and Practice, (2nd edition). London :
Allyand Bacon.
Standar Isi Kelas V,
2006 Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta
: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Suryabrata. Sumardi. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta
:Rineka Cipta.
Thayeb dkk. 2006. IPS Terpadu. Jakarta : Erlangga
Uno Hamzah B. 2006. Teori Motivasi &Pengukurannnya Analisis
di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Yakobs, E. 1999. Cooperative Learning in Context.
An Educational Innovation in Everyday Clasroom. New York : Albany, State
University of New York Press.
Winkel, W. S. 1998. Psikologi
Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
http://learning
and teaching.dal.ca./taguide/what is coopertive learning.html
www.motivasibelajar.wordpress.com, 20 Mei 2008.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar