ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR
MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KUMON
(PTK Kelas VIII SMP Negeri 1 XXX Tahun
Ajaran 2008/2009)
Penelitian ini
bertujuan: 1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika
melalui model pembelajaran kumon. 2) meningkatkan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kumon. Jenis penelitian
adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subyek penelitian adalah
siswa kelas VIII B SMP Negeri XXX Tahun Ajaran 2008/2009 yang
berjumlah 40 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Subyek pelaksanaan
tindakan adalah peneliti. Subyek yang membantu pelaksanaan adalah guru
matematika dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, catatan lapangan, review, metode tes dan metode dokumentasi.
Teknik Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa pada
pembelajaran matematika meliputi a) keaktifan siswa dalam memperhatikan
penjelasan guru dikelas sebelum dilakukan tindakan 37,5% meningkat menjadi 85%
b) keaktifan siswa menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan 37,5%
meningkatkan menjadi 65% meningkatkan menjadi 70% d) keaktifan mengerjakan soal
secara mandiri sebelum tindakan 25% meningkat menjadi 65% e) keaktifan
mengerjakan soal didepan kelas sebelum dilakukan tindakan 12,5% meningkat
menjadi 60%. 2) Adanya peningkatkan prestasi belajar siswa, siswa yang mendapat
nilai diatas 70 sebelum dilakukan tindakan 60% meningkatkan menjadi 95%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kumon dapat
meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa pembelajaran matematika.
Kata kunci:
Keaktifan, Prestasi, Model Pembelajaran Kumon
PUSTAKA
Buku-buku Referensi di atas dapat dibeli di TOKO BUKU RAHMA (KLIK)
Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar