HP. 0856-0196-7147

PENCARIAN

Kamis, 28 November 2013

PTK SD 199 = Pd 789 : UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI XXX TAHUN 2009/2010


Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk meningkatkan keterampilan  membaca dengan metode pembelajaran kontekstual siswa kelas I SD Negeri XXX  2. Mengetahui ketepatan program pembelajaran bahasa dengan metode pembelajaran kontekstual agar dapat meningkatkan keterampilan  membaca  pada siswa kelas I SD Negeri XXX Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Subjek penelitian adalah seluruh komponen yang ada di I SD Negeri XXX tahun pelajaran 2009/2010  yang termasuk di dalamnya Guru, Siswa Kelas I SD Negeri XXX
Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil subjek siswa kelas 1 SD Negeri XXX. Data tentang keterampilan membaca sebagai dampak dari penggunaan metode kontekstual diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan test. Analisis data menggunakan model induktif interaktif dengan komponen: 1) reduksi data, 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan
Adapun hasil  penelitian ini adalah 1. Nilai rata hasil belajar Bahasa Indonesia   siswa kelas I  Semester II pada siklus I sebesar 70, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II  2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 75 % ( 9  siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 12 siswa), pada siklus II sebesar 91,67 % (11 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 12 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Melalui metode konstektual dapat meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia (kemampuan membaca)  pada siswa kelas I  Semester II SD Negeri XXX  tahun pelajaran 2009 / 2010.


DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, 2004.  Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
____________, 2008. PTK. Jakarta: Bumi Aksara
Arif Sumoro, 2009. Usaha Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Geografi dengan Media Pembelajaran Berupa Peta pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sumberlawang  Tahun Pelajaran 2008/2009. Sragen: SMP Negeri 1 Sumberlawang
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. . Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Bakdiyah, 2009. Usaha meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Metode Role Playing
Depdiknas. 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan penelitian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . 2003. Jakarta: Depdikbud
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
J.J. Hasibuan dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lukman Ali dkk.1995.  Kamus Besar Bahasa Indnesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin Syah, 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya
Nana Syaodih Sukmadinata, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, 2003.  Metode Research( Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara.
Purwanto Ngalim 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Roesdakarya.
Roestiyah NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sadiman Arif dkk, 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2002.  Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
_______, 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Reneka Cipta.
______, 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya.Edisi Revisi. Jakarta : Reneka Cipta Sugiyono, 2002.  Metode Penelitian Administrasi.  Bandung. Alfa Beta.
________, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfa Beta
Syaiful Bahri Djamarah, 2008. Stratgi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Tim pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Yudi Munadi, 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada Press.
Winkel.WS 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
__________, 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Winkel W.S. dan Hastuti, Sri. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
REFERENSI LAINNYA


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147



Tidak ada komentar:

Posting Komentar