RINGKASAN
PENGGUNAAN KARTU
BILANGAN KALIPATAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS
III SEKOLAH DASAR NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Peningkatan minat dan perhatian
siswa sejak awal mulai masuknya di lembaga pendidikan merupakan potensi yang
diperlukan dalam pembelajaran untuk meraih peningkatan prestasi belajar.
Sejalan dengan itu system pembelajaran yang masih bersifat tradisi dihindarkan.
Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari masalah matematika sudah merupakan
kebutuhan yang tidak terhindari. Setiap orang selalu menggunakan matematika
dalam setiap kegiatannya.
Untuk memperoleh hasil yang
diharapkan penulis melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan melalui
penggunaan kartu bilangan kalipatan yang merupakan alat yang digunakan untuk
menarik minat, dan perhatian siswa dalam pembelajaran konsep dasar perkalian.
Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan yang diperoleh sebelum
penggunaan kartu bilangan kalipatan nilai rata-ratanya pada siklus satu adalah
6,7 dan siklus kedua adalah 7,2. Jadi adanya peningkatan sebesar 0,3 pada
siklus satu, dan 0,5 pada siklus kedua. Sedangkan dari hasil tugas harian
berupa hasil ulangan, nilai rata-rata diperoleh sebelum penggunaan kartu
bilangan kalipatan adalah 5,8 dibandingkan setelah penggunaannya nilai yang
diperoleh adalah 8,4 sehingga adanya peningkatan 1,6 dari siklus satu.
Persentase hasil pembelajaran setiap
siklus dari sebelum penggunaan kartu bilangan kalipatan dibandingkan setelah
penggunaannya adanya peningkatan yaitu 27,8% sebelum penggunaannya naik menjadi
55% pada siklus satu dan 88,9% pada siklus kedua.
Dilihat perbandingan dari hasil
pembelajaran pada setiap siklus adanya peningkatan hasil pembelajaran dari 18 orang
siswa, 14 orang adanya peningkatan yaitu 78% dan hanya 4 orang siswa hasilnya
tetap yaitu 22%.
Dengan demikian bahwa prestasi
belajar secara signifikan dipengaruhi oleh motivasi dan semangat belajar rendah
baik di sekolah yang merupakan pengembangan system pembelajaran oleh guru,
maupun di rumah oleh orang tua sebagai motivasi untuk meningkatkan minat dan
kemauan belajar siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta.
…….…, 2002. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
…….…, 2007. Penelitian Tindakan Kelas,
Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ali, Muhamad. 1992. Guru Dalam Proses
Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindon.
Depdikbud, 1982. Laporan Sementara Studi
Perkembangan Kognitif Anak. Jakarta: Depdikbud.
………….., 1995/1996. Petunjuk Pelaksanaan
Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar Jakarta : Depdikbud.
………….., 1994. Metodik Khusus Pengajaran
Berhitung di SD. Jakarta: Ditjen. Dikdasmen Depdikbud.
Dalyono,M. 1997. Psikologi Pendidikan.
Jakarta : Rineka Cipta.
Erman Suherman, 1993/1994. Evaluasi
Proses dan Hasil Belajar Matematika Model I Sampai VI. Depdikbud dan UT
Jakarta.
Ibrahim. Ct al. 1992. Pengantar
Teknologi Pendidikan Malang : Lab Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
FIP IKIP Malang.
Netra, Drs.Ida Bagus, 1979.Metodologi
Penelitian. Singaraja : Universitas Udayana.
Nurkancana, Drs. Wayan dan Drs. P.P.N.
Sumartana, 1986. Evaluasi Pendidikan Surabaya : Usaha Nasional.
Nasution,Joehi, 1993. Materi Pokok
Psikologi Pendidikan Jakarta : Universitas Terbuka.
Russefend dkk. 1992. Pendidikan
Matematika 3. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan
Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Robinson,D.N.Adjai. 1998. Azas-azas
Praktek Mengajar Kriteria Baru dalam Program Pengajaran. Terjemahan George
Allen dan Unwin.Princiles and Practice of Teaching 1980. Jakarta : Bharata.
Suryobroto,B.1997. Proses Belajar
Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Soedjadi R. 1999. Kiat Pendidikan
Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional, Singajraja.
Surakhmad,M.Sc.Ed.Prof.Dr. Winarno.
1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode Teknik. Bandung : Tarsito.
REFERENSI LAINNYA
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 0856 0196 7147
Tidak ada komentar:
Posting Komentar